Home Penyakit Uncategorized Kanker Hati

Kanker Hati

Kanker Hati – Karsinoma hepatoseluler (KHS) disebut juga hepatoma adalah penyakit kanker hati yang sering ditemukan diberbagai belahan dunia, terutama dinegara-negara berkembang, seperti Sub Sahara, Asia Tenggara, dan Afrika. Lebih dari itu 85% KHS merupakan kanker hati primer, artinya berasal dari jaringan hati itu sendiri. Penyakit keganasan hati yang lebih banyak ditemukan pada laki-laki dibandingkand perempuan ini, sampai sekarang masih merupakan problem kesehatan dimana insidennya makin meningkat dan diperkirakan angka kematiannya mencapai 250.000-300.000 orang per tahun. Di Indonesia KHS menduduki urutan ketiga setelah virus dan sirosis hati. Kanker yang berasal dari sel-sel hati ini secara kasat mata dibedakan atas tipe masif, nodular, dan difus. Tipe masif umumnya terjadi dilobus kanan, dan dikelilingi nodul kecil-kecil. Tipe nodular tampak berupa nodul-nodul dengan ukuran bervariasi dan terjadi diseluruh hati. Adapun karsinoma tipe difus sukar ditentukan batas-batasnya.

Beberapa Keluhan Dan Gejala Timbulnya Kanker Hati !!!

Keluhan dan gejala yang timbul sangat bervariasi. Pada awal penyakit jarang ada keluhan. Kalaupun ada, hanya berupa perasaan lesu, nafsu makan berkurang atau hilang, selalu merasa penuh diperut, dan berat badan menurun drastis. Pada stadium lanjut, penderita sering mengeluh rasa sakit atau nyeri tumpul yang terus menerus diperut kanan atas yang sering tidak hebat tetapi bertambah berat jika digerakkan. Pada pemeriksaan bisa didapat hati membesar dengan konsistensi keras dan sering berbenjol benjol terjadi pembesaran limpa, serta perut membuncit karena adanya asites. Kadang-kadang dapat timbul ikterus dengan kencing seperti air teh dan bagian putih bola mata menguning. Keluhan disertai demam umumnya terjadi akibat nekrosis pada sentral tumor. Penderita bisa tiba-tiba merasa nyeri perut yang hebat, mual, muntah dan tekanan darah menurun akibat perdarahan pada tumornya.

Diagnosis KHS selain memerlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik, juga beberapa jenis hormon yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin, kalsium, kolesterol, alfa feto protein, dan PIVKA-II didalam darah. Gangguan hati menyebkan peningkatan akdar SGOT, SGPT, fosfatase alkali, laktat dehidrogenase, dan alfa L-fukosidase. Prognosis umumnya jelek. Perkiraan umur harapan hidup dalam 5 tahun hanya 6%. Pada hepatoma stadium dini, angka survival pada tahun pertama, kedua dan ketiga adalah 80%, 65% dan 50% sedangkan pada stadium lanjut, menjadi 29%, 16%, dan 18%.

Sekarang anda jauh lebih tau bukan?

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Kanker Hati
Kanker Hati
Artikel "Kanker Hati" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/kanker-hati.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.