Home Penyakit Uncategorized KANKER KOLOREKTRAL (rektum)

KANKER KOLOREKTRAL (rektum)

APA ITU KANKER KOLOREKTRAL (REKTUM)

Kanker kolorektral (Rektum) merupakan kangker yang menduduki peringkat ketiga di negara maju dan menduduki peringkat utama kematian di negara barat.. Kanker kolorektral (rektum) adalah kanker usus besar yang terjadi pada kolon, rektum dan usus buntu ( appendix).

Kanker kolon sebagaimana sifat kanker lainnya, memiliki sifat dapat tumbuh dengan relatif cepat, dapat menyusup atau mengakar (infiltrasi) ke jaringan disekitarnya serta merusaknya, dapat menyebar jauh melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ yang jauh dari tempat asalnya tumbuh, seperti ke lever, paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik.

PENYEBAB KANKER KOLOREKTRAL (REKTUM)

Penyebab kanker kolorektral (rektum) diantaranya :

  • Diet
  • Merokok
  • Kelainan genetik
  • Faktor Usia
  • Polip Kolorektal
  • Riwayat kanker kolorektal pada keluarga (keturunan)
  • Radang usus besar, berupa colitis ulceratif atau penyakit Crohn

GEJALA KANKER KOLOREKTRAL (REKTUM)

Penderita kanker kolorektral (rektum) mengalami nyeri kram perut atau nyeri perut yang hebat dan sembelit. Tinja bisa berdarah, tetapi lebih sering darahnya tersembunyi, dan hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan laboratorium.

Pada kanker kolorektral (rektum), gejala pertama yang paling sering adalah perdarahan selama buang air besar. Jika rektum berdarah, bahkan bila penderita diketahui juga menderita wasir atau penyakit divertikel, juga harus difikirkan kemungkinan terjadinya kanker.

PANTANGAN MAKANAN KANKER KOLOREKTRAL (REKTUM)

Penderita kanker kolorektral (rektum)  diharuskan mengurangi makanan tinggi lemak (khususnya lemak hewan) dan rendah kalsium, folat dan rendah serat. Perbanyak  makan sayuran dan buah-buahan,dan hindari  minuman beralkohol.

 

KANKER KOLOREKTRAL (rektum)
KANKER KOLOREKTRAL (rektum)
Artikel "KANKER KOLOREKTRAL (rektum)" ditulis oleh admin update terakhir pada 27th March 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/kanker-kolorektral-rektum.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.