Home Penyakit Kanker Kanker Otak

Kanker Otak

Kanker otak dikenal sebagai jenis kanker yang membunuh diam-diam. Kehadiran tumor otak kadang sulit dideteksi. Namun, gejala umum kanker otak dapat dilihat dari kepala pusing dan mual/muntah yang sering. Kanker otak biasanya juga menimbulkan tekanan dan rasa ketidakpercayaan diri pada penderita.

Penyebab kanker otak HAMPIR SAMA DENGAN KANKER RAHIM dapat dipicu oleh berbagai macam hal. Namun, secara umum penyebab kanker otak dapat dibagi menjadi dua kategori:
a. Faktor dari dalam
Penyebab utama pada faktor dalam ini adalah factor genetik/ keturunan. Pelajari riwayat hidup keluarga anda, adakah diantara mereka yang mengidap kanker otak sebegai tindakan preventif awal. Faktor kedua yang kedua adalah riwayat benturan. Jika kepala anda pernah terbentur, bisa jadi ini menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga dapat menyebabkaan tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak. Berhati-hatilah dan jaga kepala anda dari benturan serius!
b. Faktor dari luar
Faktor dari luar umumnya berupa makanan dan radiasi. Selain itu, obat-obatan tertentu yang diminum secara terus-menerus juga dapat berpotensi menyebabkan kanker. Faktor-faktor lainnya yang perlu diwaspadai sebagai penyebab kanker otak adalah:
1. Pola hidup yang kurang sehat
Usahakan hindari rokok, makanan berlemak, kurang serat, dsb untuk pola hidup yang lebih sehat!
2. Bahan karsiogenik
Minyak goreng yang dipakai berulang-ulang dan bahan kimia yang termakan adalah bahan karsiogenik yang berbahaya.
3. Radiasi
Hindari paparan radiasi dalam gelombang tertentu karena dapat memicu berkembangnya sel kanker!

Pada pendrita awal, ciri-ciri awal kanker otak sangat bervariasi dan sulit dideteksi, tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Gejala umumnya adalah kepala pusing atau terasa mual. Berikut gejala lengkap kanker otak yang patut kita waspadai:
– pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol
– sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot
– daya penglihatan berkurang
– gangguan berbicara
– gangguan pendengaran
– gangguan berjalan / keseimbangan tubuh
– gangguan saraf
– anggota gerak melemah atau kejang
– penurunan kesadaran atau perubahan perilaku

Namun, jangan dulu takut berlebihan jika anda mengalami beberapa gejala di atas, karena belum tentu anda benar terkena kanker otak. Meski begitu, ada baiknya anda memeriksakan diri langsung ke dokter ahli syaraf untuk memastikan dan memperoleh pemeriksaan yang jelas. Pemeriksaan lanjutan tersebut biasanya meliputi CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.

Bijaksanalah dengan otak yang anda miliki, karunia Tuhan yang paling besar!

Kanker Otak
Kanker Otak
Artikel "Kanker Otak" ditulis oleh ukaya update terakhir pada 12th May 2011 Categories Kanker , , , , permalinks http://www.jamugodog.com/kanker-otak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.