Home Penyakit Uncategorized Kapan Ibu Hamil Perlu Cek Laboratoium?

Kapan Ibu Hamil Perlu Cek Laboratoium?

Kapan Ibu Hamil Perlu Cek Laboratoium?-Sebagai seorang calon ibu, kita harus tahu kapan saat yang tepatĀ  memeriksakan kandungan kita. Hal ini penting dikarenakan menyangkut kesehatan Janin. Nahh..Pembaca yang budiman, saya akan mengulas kapan ibu hamil perlu cek laboratorium dan pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan. Berikut ulasannya.

Kapan Ibu Hamil Perlu Cek Laboratoium?

Sebaiknya pemeriksaan lab dilakukan sebelum kehamilan, tapi pada kenyataannya sering dilakukan di awal pemeriksaan kehamilan. Umumnya pemeriksaan lab meliputi:

  1. Pemeriksaan urine lengkap, meliputi kadar gula, protein, dan bakteri uria dalam urine.
  2. TORCH, untuk mendeteksi infeksi TORCH, yaitu Toksoplasmosis, Other (antara lain Sipilis, Klamidia, dll.), Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes. Infeksi TORCH pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, serta kelainan/kecacatan janin.
  3. Kadar hemoglobin (sel darah merah), untuk mengetahui apakah ibu terkena anemia atau tidak. Anemia membuat ibu hamil mudah lelah dan dapat berbahaya jika terjadi perdarahan saat hamil serta melahirkan.
  4. Golongan darah dan rhesus (Rh), untuk mendeteksi kalau-kalau ada ketidaksesuaian golongan darah dan rhesus, terutama pada ibu hamil golongan darah O dan rhesus negatif. Ketidakcocokan dapat menyebabkan gangguan pada bayi. Selain itu, pemeriksaan ini juga penting bila dibutuhkan transfusi darah selama hamil atau saat melahirkan.
  5. Tes darah khusus untuk kelompok berisiko, yaitu tes untuk mendeteksi penyakit yang membahayakan janin (seperti diabetes dan HIV), kelainan genetik yang bisa memengaruhi janin (semisal talasemia), cacat janin atau triple-test (deteksi sindroma Down), serta pemeriksaan ACA (anticardiolipin) untuk mengetahui ada-tidak kelainan pengentalan darah.

Dari ulasan arikel diatas, sangat penting bagi ibu hamil memeriksakan janinnya secara tepat waktu. Demikian ulasan artikel diatas. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Kapan Ibu Hamil Perlu Cek Laboratoium?
Kapan Ibu Hamil Perlu Cek Laboratoium?
Artikel "Kapan Ibu Hamil Perlu Cek Laboratoium?" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 23rd August 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/kapan-ibu-hamil-perlu-cek-laboratoium.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.