Kelainan Pembuluh Darah Retina

Pengertian Kelainan Pembuluh Darah Retina

Ini adalah penyakit berupa kelainan yang terjadi pada pembuluh darah retina atau yang menuju ke mata, penyebabnya bisa dikarenakan tidak kuatnya pasokan darah atau juga dikarenakan penyumbatan pembuluh darah yang dialami penderita. Dan jika penyakit ini terus dibiarkan maka akan timbul kerusakan mata yang lebih serius, kerusakan pada mata ini juga bisa menetap hingga semakin menurunkan fungsi penglihatan dan kebutaan.

Jenis kelainan Pembuluh Darah Retina

Ada beberapa jenis kelainan pembuluh darah retina, yang diantaranya adalah :

Retinopati Arteriosklerotik

Penyakit ini dapat diketahui dengan bantuan oftalmoskop, dengan metode ini maka bisa terlihat pembuluh darah penderita yang menebal disertai petunjuk lain seperti pasokan darah ke retina yang menurun.

Retinopati Hipertensif

Penyakit ini dapat diartikan sebagai kerusakan retina yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi, karena tekanan darah tinggi memang dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah di dalam mata. Pengobatanya dengan melihat hasil diagnosis yang sudah menemukan tingkatan penyakit. Jika tekanan darah tinggi ini tidak segera diobati maka kerusakan yang terjadi juga semakin parah. Gejala yang dirasakan seperti gangguan penglihatan, penderita juga bisa merasakan sakit kepala. Dengan metode ini juga bisa dilihat adanya penyempitan pembuluh darah dan kelebihan cairan yang merembes dari pembuluh darah penderita.

Leave a Reply