Home Penyakit KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA

KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA

APA ITU KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA

Keadaan dimana makula mengalami kemunduran sehingga terjadi penurunan ketajaman penglihatan dan dapat menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan disebut degenerasi makula.

Makula merupakan bagian vital dan pusat pada retina.  Ada 2 macam degenerasi makula yaitu :

  • Degerasi makula basah (eksudatif)
  • Degerasi makula Kering (atrofik)

PENYEBAB KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA

Penyebab utama degerasi makula adalah diakibatkan oleh kerusakan pada apisan pemisah antara retina dan koroid (lapisan pembuluh darah di belakang retina) atau epitel pigmen pada retina.

Degenerasi makula sering terjadi pada orang yang sudah berumur, dan lebih banyak ditemukan pada orang kulit putih dan perokok.

GEJALA KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA

Pada penderita, biasanya awal mula gejala degenerasi makula adalah terjadi kehilangan fungsi penglihatan tanpa rasa nyeri.

Degenerasi makula yang sudah akut dapat  menyebabkan kerusakan penglihatan yang berat sepertia kehilangan kemampuan untuk membaca atau mengemudi namuni jarang menyebabkan kebutaan total.

PANTANGAN MAKANAN KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA

Tidak ada pantangan makanan khusus untuk penderita degenerasi makula, namun untuk para penderita yang perokok, diwajibkan untuk segera berhenti merokok.

 

 

 

 

KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA
KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA
Artikel "KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA" ditulis oleh admin update terakhir pada 21st March 2012 Categories KEMUNDURAN/DEGENERASI MAKULA permalinks http://www.jamugodog.com/kemundurandegenerasi-makula.html di

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.