Home Penyakit Uncategorized Kesehatan Mental Dengan Berolahraga

Kesehatan Mental Dengan Berolahraga

Kesehatan Mental Dan Berolahraga-Sudah lama diakui oleh banyak orang bahwa pikiran seseorang mempengaruhi kesehatanya. Bahkan penelitian yang menunjukan bahwa orang yang depresi atau frustasi menyebabkan kesehatanya menurun. Seorang yang bernama Girard menyimpulkan bahwa perasaan kehilangan, ditekan,  perasaan tidak puas, dan banyak peristiwa kehidupan lainya mempunyai hubungan dengan bertambahnya kanker, penyakit jantung, dan penyakit infeksi. Dr. George Vaillant dari Universitas Harvard yang telah meneliti banyak orang melaporkan bahwa jumlah penyakit dan kematian yang mempunyaihubungan dengan terganggunya kesehatan mental lebih banyak daripada akibat pengaruh obat bius, kegemukan, maupun sejarah keluarga yang umur panjang sekalipun.

Kesehatan Mental Dengan Berolahraga

Bila kesehatan tubuh seseorang dapat dipengaruhi oleh pikiran atau kesehatan mentalnya, ternyata olahraga dalam banyak hal dapat menolong kesehatan mental seseorang. Dr. Peter Seraganian dari Universitas Cancordia kanada menunjukan bahwa olahraga aerobik untuk 10 minggu, dapat berhasil dalam mengatasi stres emosi. Olahraga tersebut terdiri dari 30 menit senam dan jogging untuk 4 hari per minggu selama 10 minggu. Olahraga tersebut memperbaiki denyut jantung dan sistem otonomik tubuhnya yang sangat diperlukan dalam mananggulangi stres.

Dr. James Blumenthal dari Universitas Duke melaporkan bahwa sikap tipe A dapat diperkurang melalui olahraga. Tim lain dari universitas Duke juga melaporkan bahwa olahraga dapat menjadi penyembuh barbagai gejala kejiwaan. Olahraga tersebut telah mengurangi kekuatiran, depresi, keletihan dan kebingungan. Berenang dan jalan kaki termasuk olahraga aerobik yang banyak disebutkan sebagai pemecahan atas berbagai kesehatan mental. Dr. Berger menunjukan bahwa mahasiswa yang mengikuti kelas berenang dapat mengurangi ketegangan, depresi, marah, bingung, dan lebih bergairah dari mereka yang tidak mengikuti kelas berenang. Bahkan ada baiknya untuk mengkombinasi olahraga aerobik seperti berenang, sepak bola, lari, dan senam dalam waktu 6 minggu memberikan pengurangan perasaan cemas.

Olahraga tidak hanya mengurangi sikap cemas dan depresi melainkan konsep diri dapat diperbaiki melalui olahraga.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Kesehatan Mental Dengan Berolahraga
Kesehatan Mental Dengan Berolahraga
Artikel "Kesehatan Mental Dengan Berolahraga" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/kesehatan-mental-dengan-berolahraga.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.