Home Penyakit Uncategorized KETERGANTUNGAN NIKOTIN

KETERGANTUNGAN NIKOTIN

Pengertian Ketergantungan Nikotin

Nikotin adalah bahan yang terdapat  di dalam rokok yang membuat perokok menjadi ketergantungan.Kketergantungan pada nikotin merupakan ketergantungan rokok.Sekitar 70% dari perokok mengakui bahwa mereka ingin berhenti merokok tetapi tak dapat melakukan itu.

Gejala Ketergantungan Nikotin

Nikotin memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Seseorang ingin berhenti merokok namun pasti mengalami tahap yang tidak menyenangkan termasuk mengidam nikotin, sifat lekas marah, kegelisahan, konsentrasi buruk, keresahan, sakit kepala, kantuk, dan gangguan perut. Banyak orang bertambah gemuk sewaktu mencoba berhenti merokok.

Penyebab Ketergantungan Nikotin

Penyebab awal adalah keinginan mencoba hal-hal yang berhubungan dengan nikotin sehingga timbul rasa ketagihan (ingin mencoba untuk kedua kali dan seterusnya) dan sampai pada tahap ketergantungan.

Pengobatan Herbal Ketergantungan Nikotin

Sebagian besar perokok yang ingin berhenti merokok biasanya dikarenakan oleh faktor ekonomi,  faktor kesehatan,  dan beberapa faktor kehidupan  lain. Modifikasi prilaku adalah metode biasa yang dipakai dalam menolong orang untuk berhenti merokok.
Berhenti merokok dengan tiba-tiba (penghentian total) umumnya lebih baik daripada berangsur-angsur. Menentukan hari berhenti sangat membantu. Tanggal berhenti mungkin acak atau pada kesempatan istimewa (misalnya, liburan atau hari jadi).

Selain berhenti merokok dilakukan oleh keinginan dari dalam diri, ada juga para perokok yang melakukan terapi agar terlepas dari ketergantungan terhadap nikotin. Dua cara tersebut diatas merupakan cara yang paling efektif selain cara-cara baru seperti menggunakan rorok listrik dan sebagainya.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

KETERGANTUNGAN NIKOTIN
KETERGANTUNGAN NIKOTIN
Artikel "KETERGANTUNGAN NIKOTIN" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 25th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/ketergantungan-nikotin.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.