Home Penyakit Uncategorized Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)

Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)

Pengertian Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)

Penyakit ini dapat diartikan sebagai kondisi dimana penderita mengalami penimbunan udara atau gas di dalam rongga pleuranya. Pengertian dari Rongga pleura adalah rongga yang terletak diantara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada.

Penyebab Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)

Hingga sekarang belum diketahui penyebab pasti dari penyakit ini, namun diduga penyakit ini terjadi karena pecahnya kantung kecil berisi udara di dalam paru-paru, selain juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti akibat cedera traumatik pada dada.

Gejala Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti nyeri dada tajam dan timbulnya secara tiba-tiba, jika terus dibiarkan maka rasa nyeri akan semakin bertambah ketika penderita sedang menarik nafas dalam atau terbatuk, dada penderita juga terasa sempit, menjadi mudah lelah, dan denyut jantung yang cepat.

Diagnosa Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)

Khusus untuk penyakit ini, penderita didiagnosis dengan pemeriksaan fisik yang menggunakan alat bantuan berupa stetoskop untuk menunjukkan adanya penurunan suara pernafasan pada sisi yang terkena.

Pengobatan Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)

Tujuan dari pengobatan penyakit ini secara medis adalah untuk mengeluarkan udara dari rongga pleura, dan supaya paru-paru bisa kembali mengembang. Metode pengobatan ini juga dapat dilakukan dengan memasang sebuah selang kecil pada sel iga penderita untuk mengeluarkan udara dari rongga pleura.

Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)
Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)
Artikel "Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 17th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/kolaps-paru-paru-pneumothorax.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.