Home Penyakit Uncategorized Kurang Yodium Akibatkan Anak Kerdil

Kurang Yodium Akibatkan Anak Kerdil

Kurang Yodium Akibatkan Anak Kerdil – Penuhi dengan mengkonsumsi makanan Laut dua kali seminggu. Pastikan asupan yodium ketika hamil cukup untuk tumbuh kembang janin yang dikandung. Sebab, meski kebutuhan tubuh akan yodium tidak terlalu besar, namun jika kurang yodium, apalagi pada ibu hamil , akan memperngaruhhi proses kelahiran. Bahaya keguguran, gangguan perkembangan otak janin bisa terjadi. Dan yang paling fatal adalah lahirya bayi kerdil . Bagaimana agar asupan Yodium cukup ?

Benarkan Kurang Yodium Dapat Membuat Anak Kerdil ?

Yodium merupakan salah satu kimia yag dibutukan untuk pembentukan hormon thyroid dan thyroksin. Hormon itu memegang peranan penting pada proses awal pertumbuhan dan pembentukan organ –organ, terutama pembentukan otak.

Menurut Dr. H. Imam Hidayat,SpOG, dari RSIA Hermina Bekasi. Pada umumnya,orang yang kekurangan yodium akan terganggu metabolismenya. Seperti badan terasa lemah, pertumbuhan tubuh akan terhambat yang membuat anak kerdil. Sedangkan pada wanita hamil , tentu saja aan berpengaruh pada kehamilan. Terutama pada trisemester pertama . jika saat janin kurang dari 500 gram dan kurang yodium maka yang sering terjadi adalah aburtus, kematian sesaat setelah melahirkan dan bayi yang dilahirkan mengalami penyakit gondok.

“ Pada ibu hamil yang kekurangan yodium bisa mengakibatkan gangguan anemia, pendarahan, plasenta lepas, keracunan kehamilan. Pada dasarnya dengan kurang hormon thyroid maka, seluruh metabolisme tubuh terganggu.

Deteksi USG

Memang meski pun ketika ibu hamil tersebut di USG, dia tidak bisa tau apakah janin cukup yodium atau tidak. Ibu hamil bisa melihat apakah pertumbuhan pada janin terhambat atau tidak. Misal saja, Ibu hamil kurang yodium , biasanya janin akan mengalami pertumbuhan yang terhambat. Seperti ukuran panjang badan ,berat badan , lingkar kepala tidak normal dan tidak sesuai dengan usia kandungan pada umumnya.

Konsumsi Ikan Laut

Sumber alam yang paling kaya akan kandungan yodium adalah makanan dari laut. Sebab , lautan merupakan sumber utama yodium dengan cadangan terbesarnya.Mengkonsumsi makanan laut dua atau tiga kali seminggu aan mencukupi kebutuhan yodium.

Demikian ulasan artikel yang berjudul “Kurang Yodium Akibatkan Anak Kerdil “ ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Makasih

Kurang Yodium Akibatkan Anak Kerdil
Kurang Yodium Akibatkan Anak Kerdil
Artikel "Kurang Yodium Akibatkan Anak Kerdil" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 12th July 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/kurang-yodium-akibatkan-anak-kerdil.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.