Home Penyakit Uncategorized Latian Isometrik Dan Latihan Isotonik

Latian Isometrik Dan Latihan Isotonik

Latian Isometrik Dan Latihan Isotonik-Isometrik adalah gerak badan dimana otot dikontraksikan, tetapi persendian kaki dan tangan tidak digerakkan.

Latian Isometrik Dan Latihan Isotonik

Contoh gerakan ini adalah misal anda mendorong benda yang tidak dapat digerakkan seperti tiang atau pilar dalam suatu bangunan atau mengangkat kursi yang sedang anda duduki. Penelitian menunjukkan bahwa untuk menambah ukuran otot dan kekuatan dapat melalui latihan isometrik, akan tetapi latihan atau gerak badan yang demikian bila bermanfaat, maka manfaatnya hanya kecil untuk sistem kardiosvasklular. Para pakar kesehatan menganjurkan kepada penderita penyakit jantung agar tidak mengikutilatihan isometrik sebab bila melakukan ini akan menyebabkan denyut jantung tidak beraturan (trigger cardiac irregularity), bahkan menyebabkan serangan jantung.

Sedangkan lathan isotonik adalah menuntut kontraksi dari suatu otot dan persendian kaki dan tangan. Sebagai contoh yang dapat diambil adalah latihan pada senam dan angkat besi. Latihan ini akan membantu anda untuk membangun otot dan tenaga, namun latihan ini sedikit manfaatnya seperti kardiovaskular. Hal ini berartiĀ  latihan ini tidak memberikan daya tahan dalam jangka panjang, tidak menambah volume darah, menambah kapasitas paru-paru dalam mendapatkan darah, atau menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan isotonik akan memperbesarkan otot dan tenaga, namun tetap mempunyai kondisi fisik yang buruk ditinjau dari segi kariovaskular atau ketahanan tubuh. Banyak atlet angkat besi atau binargawan yang mengkonsentrasikan penuh akan pengembangan ototnya namun lupa untuk melakukan gerak badan yang akan menguatkan otot jantung serta melancarkan peredaran darah sehingga ketika diuji daya tahannya, sering cepat merasa letih, dengan denyut jantug yang cepat bila diajak lari 20 menit saja akibatnya atlet tersebut tidak siap untuk menghadapi keadaan darurat.

Dengan kata lain kentungan yang diperoleh dari satu sistem latihan tidak dapat dipindahkan kesistem latihan yang lain. Dengan demikian meskipun anda berbadan kekar dan otot yang kuat, anda tetap membutuhkan gerak badan agar mampu menguatkan jantung, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan peredaran darah.

Berolaharagalah mulai saat ini agar kesehatan tubuh tetap terjaga sehingga ancaman dari serangan penyakit dapat dihindari.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Latian Isometrik Dan Latihan Isotonik
Latian Isometrik Dan Latihan Isotonik
Artikel "Latian Isometrik Dan Latihan Isotonik" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/latian-isometrik-dan-latihan-isotonik.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.