Home Penyakit Uncategorized Manfaat Alang – Alang (IMPERATA CYLINDRICA)

Manfaat Alang – Alang (IMPERATA CYLINDRICA)

Alang-Alang (Imperata Cylindrica)-Alang-alang atau ilalang merupakan tanaman sejenis rumput yang memiliki daun yang cukup tajam, yangmudah sekali kita temukan di area ladang atau pesawahan. Seringkali tanaman ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat daripada tanaman yang memang sengaja ditanamn oleh para penggarap ladang maupun petani.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Imperata cylindrica maupun nama didaerah seperti alalang, halalang (Minhasa.), lalang (Malaya), rii, kii, ki (Flores), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain memiliki banyak manfaat.

Manfaat Alang – Alang

Klasifikasi alang-alang:

  1. Kingdom: Plantae
  2. Divisi:Magnoliophiyta
  3. Kelas:Liliopsida
  4. Ordo:Poales
  5. Famili:Poaceae
  6. Genus:Imperata Spesies:l.cylindrica

Cara pemakaian:

Sediakan akar alang-alang sebanyak 15-30 g, jika menggunakan alang-alang segara sediakan 30-60 g. Setelah itu cucilah akar alang-alang sampai bersih, potonglah menjadi kecil-kecil. Setelah dipotong-potong rebuslah akar alang-alang dalam sebuah panci diisi menggunakan 3 gelas air bersih, rebuslah sampai tersisa 1 gelas air rebusan akar alang-alang. Setelah menjadi 1 gelas dinginkan beberapa saat sebelum disaring. Minumlah pada pagi dan sebelum tidur malam, masing-masing ½ gelas. Lakukan secara teratur selama 2 minggu.

Penjelasan singkat:

  1. Akar alang-alang memiliki rasa yang manis dan mempunyai sifat yang sejuk. Akar alang-alang termasuk dalam meridian paru, lambung dan kandung kemih. Simplisia dari akar alang-alang berkhasiat menyejukkan darah, menghentikan perdarahan ringan (mampu memberi pertolongan kepada pendarahan berat), mampu meredakan demam, meningkatkan produksi urine, dan menghilangkan haus.
  2. Akar alang-alang dapat digunakan untuk penyokong terapi pengobatan hepatitis akut menular, sakit kuning, dan mampu mengobati sirosis hati yang disertai perdarahan saluran cerna.
  3. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dunia menunjukkan bahwa 28 penderita hepatitis A akut, 21 penderita sembuh dengan mengkonsumsi rebusan akar alang-alang segar sebanyak 60 g setiap hari. Dengan dilakukannya secara rutin seluruh gejala dan keluhan menghilang dalam waktu 50 hari.
  4. Diluar negeri, akar alang-alang tidak digunakan sebagai rebusan namun sudah berkembang dan diproduksi menjadi obat paten dan minuman.
  5. Rebusan akar alang-alang jangan diberikan pada penderita yang fungsi lambungnya lemah dan banyak kencing.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Alang – Alang (IMPERATA CYLINDRICA)
Manfaat Alang – Alang (IMPERATA CYLINDRICA)
Artikel "Manfaat Alang – Alang (IMPERATA CYLINDRICA)" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 4th January 2015 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-alang-alang-imperata-cylindrica.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.