Home Penyakit Uncategorized Manfaat Angsa Untuk Kehidupan

Manfaat Angsa Untuk Kehidupan

Angsa-Angsa merupakan hewan ternak yang tergolong paling besar dari famili Anatidae. Hewan ini juga tergolong burung air yang terbesar diantara koloninya. Burung angsa dapat mencapai panjang maximal 1,6 meter dengan berat 26 kg sedangkan bentangan sayapnya dapat mencapai 2x panjang tubuhnya.

Sedangkan untuk membedakan antara angsa jantan dan betina biasanya angsa jantan memiliki leher yang lebih panjang dan ada jendolan bulat di atas parunya dan jendolan tersebut berukuran lebih besar dari jendolan yang dimiliki oleh angsa betina dan untuk ukuran badan, angsa jantan memiliki tubuh yg lebih besar dan mendongak sedangkan dalam hal suara angsa jantan memiliki frekuensi suara yang sangat melengking dan itu dapat kita dengar jika sang angsa dalam keadaan terganggu atau sedang bertemu pejantan lainnya sedangkan angsa betinanya memiliki tubuh yang lebih kecil dan suara yang serak-serak.Sedangkan jika telur lonjong atau cungkup, maka kemungkinan jantan.

Kalau bentuknya bulat maka kemungkinan besar ia betina. Telur Jantanyang dimaksud telur lonjong adalah, membentuk titik pada ujung telur yang lonjong tersebut maka dia adalah bibit telur jantan.  Sedangkan yang cenderung bulat dia bakal menjadi telur betina. Beberapa sumber mengatakan bahwa kepastiannya sekitar 70-80%.

Dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya angsa dapat memperoleh makanannya didarat dan diperairan. Para angsa memiliki persentase besar sebagai herbivor (pemakan tumbuhan), namun tidak jarang bahwa hewan-hewan kecil diperairan yang berukuran kecil menjadi makanannya.

Beberapa Manfaat Angsa

  1. Bulu-bulu angsa digunakan sebagai alas tempat tidur sehingga dapat merasakan kehangatan. Selain sebagai pengisi bantal atau kasur, bulu angsa juga digunakan sebagai alat untuk menulis dan lemak yang berasal dari angsa pun dapat digunakan sebagai pembersih sepatu.
  2. Telur angsa rebus memiliki 20 g protein, besi dan vitamin A. Kandungan kolesterol telur angsa sekitar 1227 mg, memenuhi 409% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol. Di Indonesia sendiri, telur angsa lebih banyak dimanfaatkan cangkangnya untuk dibuat kerajinan.
  3. Daging angsa mendapat predikat sumber protein yang terbaik. Selain itu, struktur daging angsa yang mirip dengan minyak zaitun bermanfaat untuk jantung.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Angsa Untuk Kehidupan
Manfaat Angsa Untuk Kehidupan
Artikel "Manfaat Angsa Untuk Kehidupan" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 4th January 2015 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-angsa-untuk-kehidupan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.