Home Penyakit Uncategorized Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata) – Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari Asia tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, kemudian ditemukan di Jawa. Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius.Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama. Nama daerah untuk sambiloto antara lain: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Cara Pemakaian:

Herba sambiloto direbus 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus setelah makan. Ampasnya direbus sekali lagi dan diminum pada sore hari.

Catatan:

  1. Herba ini rasanya pahit, sifatnya dingin, masuk meridian paru, lambung, usus besar, dan usus kecil.
  2. Herba sambiloto mempunyai aktivitas imunostimulator dan digunakan untuk pengobatan hepatitis infeksi yang dapat menghilangkan gejala dan keluhan yang ada.
  3. Kandungan zat aktifnya yang bernama andrografolid berkhasiat hepatoprotektor yaitu melundungi sel hati dari zat toksik.
  4. In vitro, air rebusannya dapat meningkatkan daya fagositosis sel darah putih.
  5. Komponen aktifnya yang berkhasiat anti radang yaitu neoandrographolide, andrographolide, deoxyandrographolide, dan 14-deokxy 11, 12 didehydroandrographolide.
  6. Ekstrak air dari daunnya menghambat replikasi infeksi HIV-1 pada sel lymphoid.
  7. Ibu hamil dan menyusui dilarang menggunakan herba ini karena dapat menyebabkan keguguran dan adanya efek antagonis dengan progesteron endogen.
  8. Ekstrak herba Andrographis bekerja sinergis dengan Isoniazid sehingga meningkatkan khasiat pengobatan TB paru-paru.
  9. Penggunaan dosis besar menyebabkan rasa penuh dilambung, mual dan kehilangan nafsu makan. Hal ini terjadi karena rasa pahit dari andrographolide.
  10. Suntikan yang berasal dari ekstrak sambiloto bisa menyebabkan reaksi anaphilaksis.
  11. Pernah dilaporkan timbulnya gatal-gatal setelah minum rebusan sambiloto (namun sangat jarang-jarang).

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata)
Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata)
Artikel "Manfaat Dan Kegunaan Tanaman Sambiloto (Andrographis Paniculata)" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-dan-kegunaan-tanaman-sambiloto-andrographis-paniculata.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.