Home Penyakit Uncategorized Manfaat Daun Sendok

Manfaat Daun Sendok

Daun Sendok –Terdapat banyak nama lokal untuk jenis tanaman ini, nama terbanyak ditemukan di Jawa yakni Ki urat ceuli, ceuli uncal (bahasa Sunda), meloh kiloh, otot-ototan, sangka buwah, sangka buah, sangkuwah, sembung otot, suri panduk (bahasa Jawa). Mungkin karena bentuknya agak mirip-mirip dengan sendok, jadilah tanaman ini diberi nama daun sendok. Di balik bentuk sendok berwarna hijau yang dipunyainya, anggota famili planfaginaccae ini ternyata punya banyak manfaat sebagai obat bagi manusia. Tak hanya daunnya saja yang berguna, bahkan nyaris seluruh bagian tanaman berkhasiat untuk pengobatan, baik daun, batang ,biji maupun akarnya.

Manfaat dan Kegunaan Daun Sendok

Kandungan Kimia :  

Herba daun sendok mengandung: plantagin, aukubin, asam ursolik, n-hentriakontan dan lantagluside. D-galaktosa, L-arabinosa,vitamin B1, C, dan A , kalium, metil-D-galakturonat. Biji mengandung asam planterolik, xylosa, arabinosa, asam galakturonat, rhamnose, protein, aucubin, asam suksinat, adenine, kolin, katapol, syringing, linolenat;stearat, palmitat, lenoleat, flavonoid, dan glikosida. Akar mengandung naphazolin.

Cara pemakaian:

Biji dauh sendok ditambah 2 gelas air bersih direbus dengan api kecil sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Ampasnya direbus sekali lagi untuk diminum pada sore hari. Untuk menhindari lengket di panci sewaktu merebus, biji daun sendok harus dimasukkan kedalam kantong kain.

Catatan:

  1. Biji daun sendok rasanya manis, sifatnya dingin, masuk golongan meridian hati, ginjal usus halus, dan paru-paru.
  2. Selain bijinya, khasiat serupa juga bisa didapat dari menggunakan seluruh bagian daun sendok segar sebanyak 60-90 g.
  3. Kandungan zat aktifnya yang bernama aukubin berkhasiat hepatoprotektor.
  4. Simplisia ini digunakan untuk pengobatan hepatitis akut disertai iktering terutama tipe lembab panas. Dengan meminum resep ini, nafsu makan dapat timbul dalam 5-7 hari dan warna kuning menghilang dalam waktu 14 hari.
  5. Bubuk kering biji daun sendok tidak boleh dimakan kering karena bisa menyebabkan sumbatan tinja diusus.
  6. Menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Demikian artikel diata semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Daun Sendok
Manfaat Daun Sendok
Artikel "Manfaat Daun Sendok" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-daun-sendok.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.