Home Penyakit Uncategorized Manfaat di bulan puasa ramadhan

Manfaat di bulan puasa ramadhan

Puasa, yakni menjaga diri dari sikap, perbuatan, dan tidak makan dan minum dari subuh sampai magrib bukanlah hal yang menyiksa tubuh. Justru puasa malah dapat menjaga kesehatan tubuh jasmani dan rohani kita.
Keuntungan puasa adalah dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Pada dasarnya, melakukan hal yang berlebihan termasuk makan adalah hal yang tidak diperkenankan. Sekalipun itu makan makanan yang bergizi, bila kita mengkonsumsinya terlalu banyak, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.
Selain kegunaan puasa adalah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, dalam kesehatan, puasa memiliki kegunaan sebagai berikut:

Berpuasa dapat mengistirahatkan alat pencernaan

1. Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat.
2. Memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup.
3.  Membebaskan tubuh dari racun, kotoran yang merusak tubuh dalam kesehatan.
4.  Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh.
5. Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
6. Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.
7. Meremajakan sel-sel tubuh. Ketika kita berpuasa, organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya.
8. Meningkatkan fungsi organ tubuh. Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.
Seperti yang disabdakan oleh rasulullah bahwa kita disunnahkan untuk berbuka puasa diawali dengan makan buah kurma, atau dengan buah-buahan dan minuman yang manis seperti madu. Ajaran ini mengandung makna kesehatan karena buah-buahan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman. Glukosa yang terkandung di dalam buah-buahan dan minuman yang manis merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh. Glukosa efektif dibutuhkan ketika tubuh memerlukan masukan energi yang diperlukannya.
Pada waktu buka puasa dan sahur suplai gizi perlu diusahakan memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh, meliputi enam jenis zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Pentingnya keseimbangan gizi sering kurang disadari karena hasilnya tidak terlihat langsung. Seseorang yang kekurangan zat gizi tertentu sama bahayanya dengan mereka yang kelebihan gizi tertentu. Makan yang seimbang baik dalam porsi maupun gizi akan mempengaruhi susunan saraf pusat dan kondisi biokimia tubuh. Makan yang seimbang adalah makan yang tidak kekurangan tetapi juga tidak berlebihan, yang disesuaikan dengan usia, kualitas dan kuantitas gerak serta kondisi tubuh.

Manfaat di bulan puasa ramadhan
Manfaat di bulan puasa ramadhan
Artikel "Manfaat di bulan puasa ramadhan" ditulis oleh admin update terakhir pada 20th February 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-di-bulan-puasa-ramadhan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.