Home Penyakit Uncategorized Manfaat Kantong Air Panas

Manfaat Kantong Air Panas

KantongĀ  Air Panas – Sebuah kantong karet atau wadah yang digunakan untuk menampung air panas untuk berbagai penggunaan yang dapat mengeluarkan keringat dan menghilangkan kejang otot, menaikan suhu badan dan menenangkan paisen yang kedinginan dengan perasaan nyaman, dan merangsang peredaran darah pada alat-alat dalam tubuh dan mengendurkan otot yang tegang.

Manfaat Kantong Air Panas

Indikasi:

  1. Pasien kedinginan terkena dingin.
  2. Orang yang menderita goncangan karena peredaran darah yang kurang, tetapi air tidak boleh terlalu panas, jangan sampai membakar kulit pasien.
  3. Kejang otot dan nyeri otot.
  4. Mulas atau kejang dalam perut.
  5. Sendi-sendi yang nyeri karena rematik.

Peralatan yang diperlukan:

  1. Kantong air panas.

Botol air dengan per penutup atau kantong plastik yang dapat juga digunakan kalau tidak ada kantong air yang tersedia.

  1. Sebuah tempayan atau cerek berisi air panas.
  2. Kantong pelanel atau handuk.

Prosedur:

  1. Periksalah kantong itu apakah bocor dengan memasukkan air dingin kedalamnya.
  2. Buanglah aor dingin itu dan gantilah dengan air panas, dari setengah sampai dua per tiga penuh. Suhu air haruslah panas tetapi tidak panas mendidih. Jangan masukkan air yang sedang mendidih kedalam kantong itu.
  3. Keluarkan udara dengan meletakkan kantong itu diatas meja. Pegang leher kantong itu tegak lurus. Luruskan kantong itu diatas meja sampai udara naik ke leher kantong. Setelah air sudah setinggi leher kantong baru tutuplah itu rapat-rapat.
  4. Keringkan kantong itu dengan menyeka lelehan air.
  5. Balikkan kantong air dengan leher kebawah untuk melihat kalau bocor. Tutuplah kencang-kencang.
  6. Bungkus kantong air ini dengan handuk dan letakkan ini dibagian tubuh pasien dengan leher kantong itu jauh dari padanya.
  7. Pertahankan suhu kantong air panas itu. Bila air menjadi hangat, isilah kantong itu dengan air panas. Gunakan kantong itu seperlunya.
  8. Setelah selesai, cuci dan keringkanlah kantong air itu. Biarkan udara masuk kedalam kantong agar kantong tidak melekat. Kemudian tutuplah kantong yang berisi itu.

Catatan:

  1. Jangan gunakan kantong air panas yang bocor.
  2. Jangan letakkan kantong air panas itu langsung pada kulit. Bungkuslah kantong itu dengan handuk dan jangan gunakan peniti pada pembungkus kantong atau handuk sebab peniti akan menjadi panas bila terkena panas.
  3. Perhatikan kalau kulit kemerah-merahan, seringlah memerikasa kulit yang lecet atau memerah.
  4. Air tidak boleh terlalu panas dan suhu harus sesuai dengan ukuran normal.
  5. Jangan taruh pada nyeri perut yang tidak diketahui sebabnya.
  6. Bagian bagian yang peka terhadap panas seperti alis mata, leher, siku, tumpit, jari kaki dan hujung tangan, mata kaki, alat kelamin dan bagian-bagian yang bertulang belakang.
  7. Sebagian orang alergi terhadap panas, jadi perhatikanlah orang-orang itu. Tanda-tanda untuk alergi adalah kemerah-merahan dan gatal-gatal.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Kantong Air Panas
Manfaat Kantong Air Panas
Artikel "Manfaat Kantong Air Panas" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-kantong-air-panas.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.