Home Penyakit Uncategorized Manfaat Kompres Menggunakan Air Panas

Manfaat Kompres Menggunakan Air Panas

Manfaat Kompres Menggunakan Air Panas – Mengompres menggunakan air hangat selama beberapa jammemiliki berbagai manfaat yaitu dapat mengendurkan otot-otot yang tegang akibat aktivitas yang dilakukan, mampu menghilangkan nyeri kerongkongan atau nyeri pada persendian rematik, menghilangkan gangguan perut.

Manfaat Kompres Menggunakan Air Panas

Indikasi:

  1. Radang tenggorkan dan batang kerongkongan.
  2. Radang amandel.
  3. Batuk rejan.
  4. Nyeri sendi-sendi karena rematik.
  5. Sembelit.

Alat-alat yang diperlukan:

  1. Sehelai kain, dilipat sampai sedang tebalnya, kurang lebih 5 cm lebar dan cukup panjang untuk dililitkan pada leher atau dililitkan dua kali pad persendian. Sehelai saputangan wanita (ukuran kecil dan tipis) yang dilipat memanjang, dapat digunakan untuk membungkus leher.
  2. Sehelai kain pelanel, kurang lebih 10 cm lebar dan cukup panjang untuk melilit leher atau persendian. Selembar selimut pelanel bayi atau popok yang dilipat memanjang, akan dapat digunakan untuk membungkus lutut.
  3. Peniti pengaman.
  4. Vicks dapat pula digunakan.
  5. Jika diperlukan obat untuk kompres, gunakanlah obat sesuai dengan resep dokter.

Prosedur:

  1. Celupkan kain itu kedalam air keran. Peras dan lilitkan pada leher atau persendian sampai dua kali. Kalau kompres obat digunakan, gosoklah dulu bagian tubuh dengan obat menurut resep yang diberikan oleh dokter. Jangan basahi kainitu tetapi lilitkan kain itu sekeliling bagian tubuh yang telah digosok dengan obat. Dalam memberikan kompres pemanas yang biasa, kain yang basah itu diletakkan kebagian tubuh tanpa menggunakan obat.
  2. Letakkan kompres itu dengan cepat tetapi hati-hati ntuk menghindari kedinginan.
  3. Dengan sepotong kain pelanel, lilitlah itu dengan ketat untuk menangkis udar dan gunakanlah peniti pengaman pada sisi leher atau persendian.
  4. Biarkan kompres itu sepanjang malam atau paling sedikit 6-8 jam.
  5. Perhatikan agar kompres itu tidak terlalu ketat sehingga merintangi perederan darahdan pergerakan sendi-sendi.
  6. Gosok bagian itu dengan sehelai kain yang sudah diperas setelah dicelupkan kedalam air dingin, segera setelah menanggalkan kompres pemanas pada paginya atau setelah 6-8 jam.
  7. Keringkan bagian tubuh itu dengan seksama. Kompres ini dapat dilakukan satu atau dua kali sehari.

Catatan:

  1. Ada baiknya bila melakukan kompres pemanas itu pada waktu malam sebelum tidur.
  2. Kompres itu janganlah terlalu ketat sehingga merintangi peredaran darah atau terlalu longgar sampai udara bebas beredar dibagian tubuh yang dikompres.
  3. Minyak gosok atau salap dapat digosokkan kebagian tubuh yang akan dikenakan kompres pemanas.
  4. Kompres pemanas pada perut akan menghilangkan sembelit, sesuatu jenis penyakit salah cerna, penimbunan gas atau keadaan tidak bisa tidur.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Kompres Menggunakan Air Panas
Manfaat Kompres Menggunakan Air Panas
Artikel "Manfaat Kompres Menggunakan Air Panas" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-kompres-menggunakan-air-panas.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.