Home Penyakit Uncategorized Manfaat Latihan Aerobik

Manfaat Latihan Aerobik

Latihan Anaerobik – Apakah anda mengerti apa yang dimaksut anaerobik? Arti anaerobik tersendiri yaitu “tanpa oksigen”, dengan demikian latihan yang dilakukan tanpa menggunakan oksigen saat anda bernapas. Yang membatasi antara anaerobik dan aerobik yakni pada tingkatan kondisi seseorang dalam hubungannya dengan jarak dan waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bergerak.  Contohnya lari 100 meter adalah hampir seluruhnya anaerobik, sementara meraton dapat dikatakan 99% aerobik. Seorang pelari cepat dapat menahan napasnya hampir seluruh masa bertanding, sementara seorang pelari jauh harus mempunyai keseimbangan untuk beberapa jam lamanya antara pengambilan dan penggunaan oksigen. Seorang pelari jauh mungkin hanya terilibat dalam latihan anaerobik pada 100m yang terakhir sementara dia lari dengan cepat menuju ke akhir pertandingan.

Manfaat Latihan Aerobik

Ketika anda melakukan latihan anaerobik, bersiaplah untuk merasa lelah secara fisik dan psikologis karena latihan ini sangat berat dan menuntut pada tubuh. Latihan anaerobik membantu untuk membangun kekuatan otot dan persendian Anda dan Anda akan dapat melakukan kegiatan yang memerlukan kekuatan otot tanpa merasa tegang. Ini berarti bahwa kinerja Anda akan meningkat untuk kegiatan yang membutuhkan kekuatan otot.

Saat latihan olahraga anaerobik, sel otot tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk proses pembakaran lemak menjadi energi. Kebutuhan oksigen tubuh melebihi yang disediakan oleh pernafasan sehingga tubuh dipaksa bekerja tanpa oksigen. Olahraga anaerobik berintensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi singkat, yaitu sekitar 2- 3 menit karena berada dalam kondisi tanpa oksigen.

Lantas apa saja manfaat latihan anarobik? Berikut akan dijelaskan mengenai manfaatnya:

  1. Membantu meningkatkan masa otot dan kekuatan tolong.
  2. Membentuk otot tubuh agar terlihat kekar.
  3. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dapat meningkatka vitalitas dan energi.
  4. Meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.
  5. Meningkatkan stamina terkhusus bagi para atlet.

Selama proses latihan anaerobik, glukosa bersama dengan lemak dan protein dipecah. Baik glycolosis anaerobik dan sistem phosphagen bekerja sama dengan satu sama lain tetapi satu sistem selalu berakhir menyediakan lebih banyak energi daripada yang lain dan itulah yang menentukan apa yang anda bakar selama latihan anaerobik.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat. Terima kasih.

Manfaat Latihan Aerobik
Manfaat Latihan Aerobik
Artikel "Manfaat Latihan Aerobik" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-latihan-aerobik.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.