Home Penyakit Uncategorized Manfaat Tanaman Obat Yu Jin (Radix Curcumae)

Manfaat Tanaman Obat Yu Jin (Radix Curcumae)

Manfaat Tanaman Obat Yu Jin (Radix Curcumae) – Yu Jin (Radix Curcumae) merupakan tanaman obat berasal dari Zheijiang, Sichuan, Provinsi Guangxi di Cina atau dikenal sabagai temulawak dinegara kita. Tanaman ini memiliki pahit dan pedas serta memiliki bau yang khas.

Manfaat Tanaman Obat Yu Jin (Radix Curcumae)

Indikasi:

Nyeri dada, hipokondria dan perut

Ramuan ini dapat mengurangi rasa sakit dan menenangkan hati serta mampu meringankan depresi. Hal ini diindikasikan untuk dada dan hipokondria nyeri, jantung nyeri, gelisah tak tertahankan. Ramuan ini dapat mengatur darah untuk mengatur menstruasi dan mengurangi rasa sakit, dan menghilangkan stasis, pembersihan dan untuk mengobati haid tidak teratur disebabkan oleh qi stagnasi dan stasis darah, sakit perut setelah melahirkan dan sinkop akibat kekurangan darah dan sebagainya pada. Hal ini sebagian besar cocok untuk sindrom darah stasis dan qi stagnasi

Sindrom tidak sadar

Ramuan ini dapat mendinginkan darah dan jantung. Hal ini biasanya dikombinasikan dengan hati-kliring dan rempah-rempah resusitasi. Sebagai contoh, tidak sadarkan diri dan kekakuan dan sesal dari dada dan epigastrium. Untuk epilepsi, dikombinasikan dengan Bai Fan, untuk membersihkan hati, menyadarkan, menghilangkan dahak dan menyegarkan pikiran.

Cara Pemakaian:

Rimpang temulawak segar seukuran ½ telapak tangan, dengan tebal sekitar 1 jari. Bisa juga menggunakan rimapang temulawak yang sudah dikeringkan. Caranya, rimpang dipotong-potong dengan tebal seukuran 0,5 cm lalu dijemur. Gunakan 3-9 g temuwalak kering.

Rimpang temulawak segera dikupas kulitnya, potong-potong tipis, lalu dicuci bersih. Bila menggunakan rimpang kering, langsung dimasukkan ke panci e-mail, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum sekaligus. Ampasnya bisa direbus sekali lagi untuk diminum pada sore hari.

Catatan:

  1. Temulawak rasanya pedas, pahit, sifatnya dingin, masuk meridian hati, jantung dan kandung empedu.
  2. Temulawak terbukti dapat menurunkan kadar SGOT dan SGPT, mengurangi kejadian fibrosis hati sehingga mencegah berlanjutnya ke sirosis hati. Pada penderita hepatitis akut, temulawak juga meningkatkan napsu makan, mengurangi perut kembung, menghilangkan demam dan pegal linu.
  3. Jangan minum air perasan temulawak mentah karena dalam keadaan mentah patinya bisa menganggu fungsi hati.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Tanaman Obat Yu Jin (Radix Curcumae)
Manfaat Tanaman Obat Yu Jin (Radix Curcumae)
Artikel "Manfaat Tanaman Obat Yu Jin (Radix Curcumae)" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-tanaman-obat-yu-jin-radix-curcumae.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.