Home Penyakit Uncategorized Manfaat Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica)

Manfaat Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica)

Manfaat Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica) – Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah.Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.

Manfaat Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica)

Cara pemakaian:

Herba pegagan dimasukkan kedalam panci email. Tuangkan 2 gelas air lalu rebus dengan api kecil sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum sekaligus pada pagi hari sewaktu perut kosong. Ampasnya bisa direbus sekali lagi untuk diminium pada sore hari.

Catatan:

  1. Herba pegagan rasanya pahit, sifatnya dingin, masuk meridian hati, limpa, dan ginjal. Berkhasiat tonik, antiinfeksi, pereda demam, antitoksik, pembersih darah, penghenti pendarahan, memperbanyak pengeluaran empedu, dan penenang. Khasiat sedatif terjadi melalui mekanisme kolinergik disusunan saraf pusat.
  2. Bagi penderita hepatitis ikterik akut dan pembengkakan hati, minum rebusan ini akan mempercepat penyembuhan dan menghilangkan keluhan yang ada seperti warna kuning dikulit dan bagian putih bola mata, perut kembung, demam lebih cepat turun, membangkitkan nafsu makan, tidur lebih mudah, dan badan terasa lebih segar.
  3. Selain berkhasiat tonik pada otak pegagan juga berkhasiat sebagai pelindung sel hati dari racun.
  4. Diduga senyawa glikosida triterpenoida yang dinamakan asiaticoside dan madecassoside berperan dalam berbagai aktivitas penyembuhan penyakit.
  5. Afinitas herba ini yang bisa masuk ke meridian hati menyebabkan pegagan bisa membawa campuran simplisia lain untuk pengobatan penyakit hati masuk ke organ hati.
  6. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak pegagan menekan reaksi peradangan pada penderita sirosis hati.
  7. Dosis sangat tinggi menyebabkan efek negatif seperti narkotik dengan gejala sakit kepala, stupor, dan kadang-kadang koma.
  8. Diluar negri sudah dibuat menjadi tablet dengan nama dagang gotu cola.
  9. Kontraindikasi pada kehamilan, penderita epilepsi, dan anak usia dibawah 2 tahun. Hindari konsomsi pegagan bila sedang minum obat penenang.
  10. Pegagan bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Hindari penggunaannya bila kadar kolesterol anda cenderung tinggi, atau pada mereka yang sedang minum obat penurun kadar kolesterol.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Manfaat Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica)
Manfaat Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica)
Artikel "Manfaat Tanaman Pegagan (Cantella Asiatica)" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/manfaat-tanaman-pegagan-cantella-asiatica.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.