Home Penyakit Uncategorized Mengenai Tekanan Darah

Mengenai Tekanan Darah

Tekanan Darah – Darah pada arteri selalu berada pada suatu tekanan tertentu agar memastikan bahwa seluruh bagian tubuh akan menerima suplai darah yang dibutuhkan. Hal seperti ini sama seperti air ledeng dirumah anda yang umumnya mempunyai tekanan tertentu agar kebutuhan air dapat memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga. Satu perbedaan dengan tekanan air dirumah yakni bahwa tekanan darah diarteri tidak selalu berada pada tekanan yang sama. Sebagai gantinya, tekanan darah pada arteri bergetar sesuai dengan denyutan jantung menju kepada tekanan yang lebih rendah. Dengan demikian tekanan darah secara silih berganti dari nilai tinggi menju kerendah seirama dengan denyutan jantung tersebut.

Mengenai Tekanan Darah

Setelah berolahraga misalnya, tekanan darah seseorang dapat naik dengan sangat signifikan. Seorang yang melakukan program angkat besi, sistoliknya bisa naik diatas 250 dalam waktu beberapa detik yang berarti lebih dari dua kali dari sistolik normal. Seseorang yang berlari jauh dapat mempunyai sistolik diatas 180 untuk berjam-jam. Tekanan darah yang lebih tinggi waktu melakukan kegiatan fisik adalah diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tambahan dari otot yang sedang bekerja. Tekanan darah juga bertambah saat seseorang mendapat stres emosi. Misalnya adrenalin yang dipompakan ke pembuluh darah saat terjadinya krisis emosi akan menimbulkan banyak reaksi. Salah satu diantaranya adalah naiknya tekanan darah dengan tajam.

Dengan demikian naiknya tekanan darah dari waktu ke waktu adalah normal, bahkan dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan normal dalam kehidupan. Lebih lanjut lagi terbukti bahwa tubuh mempunyai suatu sistem kontrol untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dengan demikian tidak perlu kuatir bila tekanan darah anda naik hanya untuk sementara, hal itu bukan disebebabkan oleh penyakit. Namun bila tekanan darah tersebut dirasakan secara terus menerus dan dari waktu ke waktu berarti ada sesuatu yang telah terjadi didalam tubuh anda dan yang perlu dilakukan adalah check kesehatan.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Mengenai Tekanan Darah
Mengenai Tekanan Darah
Artikel "Mengenai Tekanan Darah" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/mengenai-tekanan-darah.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.