Home Penyakit Uncategorized Mengenal Lebih Detail Apa Itu Virus !!!

Mengenal Lebih Detail Apa Itu Virus !!!

Virus- Virus adalah organisme hidup karena memenuhi kriteria dapat tumbuh dan menggandakan diri (replikasi). Semua jenis makhluk hidup, entah tanaman, binatang, atau manusia dapat terinfeksi oleh virus.

Mengenal Lebih Detail Apa Itu Virus !!!

Partikel virus yang utuh dinamakan virion. Virion merupakan suatu materi genetik sederhana, terdiri dari DNA atau RNA, yang mampu menggandakan diri secara otonom dalam sel makhluk hidup lain. Virus mempunyai selubungprotein yang berguna sebagai pelindung dari gangguan berbagai faktor lingkungan dan membantu dalam proses perpindahan dari satu tuan rumah ketuan rumah lain.

Virus sangat infeksius dan patogen, hal ini terutama disebabkan sifat hidupnya yang obligat intrasel. Virion yang dihasilkan didalam sel karena adanya proses replikasi dapat menginvasi sel lain sehingga menyebabkan penyebaran infeksi. Virus yang ada didalam sel ini akan mengadakan berbagai perubahan fungsi metabolisme sehingga sel yang ditumpanginya lama kelamaan akan mati.

Ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi bila sel terinfeksi oleh virus. Pertama, tidak terjadi apa-apa. Kedua, terjadi efek sitopatik dan kematian sel. Ketiga, sel mengalami hiperplasiayang berakibat kematian sel atau hilangnya kemampuan untuk mengontrol pertumbuhan, seperti sel yang berubah menjadi ganas karena transformasi virus. Virus juga dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Penyakit yang ditimbulkan antara lain cacar, rabies, demam berdarah, rubeola, mumps, herpes, AIDS, dan lain-lain. Virus juga merupakan penyebab hepatitis. Setiap jenis virus dapat merangsang terbentuknya antibodi terhadap partikel virus masing-masing. Antigen virus maupun antibodi yang terbentuk merupakan petunjuk adanya infeksi dan dapat menyatakan status infeksi, sehingga disebut sebagai petanda serologik.

Upaya mendeteksi virus penyebab infeksi antara lain dengan menggunakan mikroskopelektron, pemeriksaan sitologik mencari partikel virus intraseluler, isolasi virus dengan cara pembiakan, dan penetapan petanda serologik. Gejala yang timbul akibat terinfeksi virus hepatitis umumnya sama. Perbedaan hanya terlihat pada perkembangan penyakitnya. Pada penyakit hepatitis A dan E belum pernah dilaporkan ada yang menjadi kronis dan umumnya akan sembuh sempurna. Kematian yang ditimbulkan relatif sangat rendah, hna 0,1-0,2%. Namun, penyakit hepatitis E akan memberat bila penderita sedang hamil yang menyebabkan meningkatnya kematian menjadi 10-20%. Penderita penyakit akibat virus B,C,D sebagian berlanjut menjadi kronis dan dapat berkembang manjadi sirosis dan kanker hati. Pada masa kehamilan, virus hepatitis dapat menyebabkan keguguran, lahir muda, dan perdarahan. Selain itu dapat mengakibatkan kematian janin dan tertularnya virus hepatitis.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Mengenal Lebih Detail Apa Itu Virus !!!
Mengenal Lebih Detail Apa Itu Virus !!!
Artikel "Mengenal Lebih Detail Apa Itu Virus !!!" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/mengenal-lebih-detail-apa-itu-virus.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.