Home Penyakit Uncategorized Mengenal Organ Hati

Mengenal Organ Hati

Mengenal Organ Hati-Posisi organ hati sebagian besar terletak diperut bagian kanan atas, yakni dibelakang iga. Hati dinamakan juga liver atau hepar merupakan kelenjar tubuh dengan berat sekitar 1/36 berat badan orang dewasa, yaitu berikisan 1.200-1.600 g. Ukuran hati yang normal adalah selebar telapak tangan orang itu sendiri, atau kira-kira 7-10 cm.

Mengenal Lebih Detail Organ Hati

Hati terdiri dari dua lobus utama, yakni lobus kanan dan lobus kiri. Lobus kanan merupakan bagian terbesar sementara lobus kiri lebih kecil. Setiap lobus teriri dari ribuan lobulus yang merupakan unit fungsonal. Setiap lobulus terdiri dari sel-sel hati yang berbentuk kubus, tersusun melingkar mengelilingi vena sentralis. Diantara lobulus (interlobular) terdapat saluran empedu dan kapiler bernama sinusoid yang merupakan cabang vena porta dan arteri hepatika. Sinusoid dibatasi oleh sel kupffer yang merupakan sistem retikuloendotelial dan mempunyai fungsi menelan bakteri serta benda asing lainnya yang masuk kedalam tubuh.

Hati merupakan pusat metabolisme tubuh yang mempunyai banyak fungsi dan penting untuk mempertahankan hidup. Kapasitas cadangannya yang sangat besar, hanya dengan 10-20% jaringan hati masih berfungsi ternyata sudah cukup untuk mempertahankan hidup pemiliknya. Kemampuan mengganti jaringan mati dengan yang baru (regenerasi) pada hatipun cukup besar. Itulah sebabnya pengangkatan sebagian jaringan hati yang rusak akibat penyakit akan cepat digantikan dengan jaringan baru.

Pada orang dewasa, darah yang mengalir setiap menit melalui hati diperkirakan sekitar 1.200-1.500 ml. Darah yang mengalir tersebut didapat dari dua sumber, yaitu vena porta dan arteria hepatika. Vena porta membawa zat makanan karena menerima aliran darah dari saluran cerna, selain dari limpa dan pankreas. Bila terjadi kelemahan fungsi jantung kanan dalam memompa darah seperti pada penderita payah jantung kanan, maka darah dari hati yang dialirkan ke jantung melalui vena hepatika dan selanjutnya masuk kedalam vena kava inferior akan terhambat. Akibatnya terjadi pembesaran bendungan pasif oleh arah yang jumlahnya sangat besar.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Mengenal Organ Hati
Mengenal Organ Hati
Artikel "Mengenal Organ Hati" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/mengenal-organ-hati.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.