Home Penyakit Uncategorized Menyembuhkan anak terlambat bicara

Menyembuhkan anak terlambat bicara

Jangan merasa kecewa /pun merasa cemas saat anak yang beranjak usia 2 / 2 setengah tahun, masih belum bisa mengucapkan beberapa kata.yang pada tahapan perkembangannya, anak usia 1,5 tahun seharusnya paling tidak sudah bisa menggunakan minimal 5 kosa kata yang konsisten seperti papa, mama, apa dsb. Seharusnya usia 2 tahun anak mempunyai 2 lusin kata yang dapat dirangkai sederhana.

Anak yang terlambat bicara adalah hal yang biasa dan bukan merupakan kelainan dan ini biasa terjadi pada masyarakat umum. Dan jangan membandingkan dengan anak orang lain karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda

Penyebab anak yang terlambat bicara adalah karena biasanya dia terlalu aktif bergerak sehingga anak kurang konsentrasi dan fokus, anak akan lebih suka bereksperi lewat gerakan, senyuman dan tangisan tetapi jarang menyampaikan sesuatu secara verbal. Hal ini memperlambat proses imitasi (meniru) atau istilah kedokterannya anak mengalami ADHAD (Attention Deficit and Hiperactivity Disorder).

Sebagai orangtua terutama ibu yang mengasuhnya kita harus selalu siaga dan tanggap dan memperhatikan ketika anak kita mengalami keterlambatan bicara. Berikut tips mengatasi anak terlambat bicara:

1. Konsultasi dengan dokter/psikolog/psikiater tentang apa yang seharusnya dikuasai oleh anak pada usia tertentu. Cari dokter yang lain untuk informasi tentang kondisi anak kita yang sebenarnya. Setiap dokter memiliki pendapat beda.

2. Hal yang kurang baik terhadap perkembangan anak adalah menonton TV. Ketika menonton TV, anak merasa nyaman dengan tayangan gambar yang begitu menarik dengan gambar yang selalu bergerak dan penuh dengan warna.
Hal itu dapat menyebabkan berkurangnya ketertarikan anak pada obyek-obyek yang statis/kurang menarik/ kurang berwarna yang ada di lingkungan sekitarnya. Akibatnya anak cenderung menjadi pasif, kurang peka dan kurang fokus ketika berinteraksi dengan lingkungannya. Karena kekurangan dalam berinteraksi otomatis ia jangan melakukan cara imitasi (meniru). Dalam proses imitasi diperlukan sensitifitas, keaktifan dan konsentrasi. Solusinya, jangan mengenalkan televisi kepada anak anda. Andalah yang harus bertanggung jawab atas keaktifan anak anda sendiri.

3. Ajak anak anda untuk bermain ketetangga, untuk bermain bersama anak-anak yang lain sehingga anak dapat meniru perkataan anak lainnya.

4. Mengajarkan kata kepada anak dengan kata-kata yang jelas (intonasi, bentuk mulut/bibir saat mengucapkannya). Contoh : makan bukan maem atau mamam, minum bukan mik atau num, susu bukan cucu, dsb.

Ajarkanlah selalu ucapkan kata-kata karena masa batita adalah masa meniru

5.Masa BATITA adalah masa meniru, usahakan selalu mengajak berbicara pasti kosa kata anak semakin banyak pula.

Menyembuhkan anak terlambat bicara
Menyembuhkan anak terlambat bicara
Artikel "Menyembuhkan anak terlambat bicara" ditulis oleh admin update terakhir pada 18th February 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/menyembuhkan-anak-terlambat-bicara.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.