Home Penyakit Uncategorized Nasehat Gizi Untuk Para Atlet

Nasehat Gizi Untuk Para Atlet

Nasehat Gizi Untuk Para Atlet – Berikut akan saya paparkan mengenai tips yang baik bagi para atlet, atlit – atlit di Indonesia harus tau nih hal – hal seperti ini agar tidak loyo ketika bertanding.

Nasehat Gizi Untuk Para Atlet

Makanlah makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi (55-70%)

Makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi mungkin adalah prinsip gizi yang paling penting untuk para atlet. Simpanan karbohidrat dalam tubuh (glikogen) adalah sangat penting sebagai zat pembakar utama untuk otot yang bekerja. Bila kadar glikogen sangat menurun, prestasi olahraga menurun, atlet akan merasa lelah dan tidak bisa meneruskan kegiatan.

Minum air yang banyak

Ini adalah prinsip yang paling penting kedua bagi seorang atlet yaitu harus minum banyak air. Disebutkan kekurangan 2% dalam berat badan sebab kekurangan air dapat menimbulkan dehidrasi. Atlet mempunyai kecenderungan untuk berkeringat lebih cepat dan lebih banyak dari yang bukan atlet, sebab itu mereka mempunyai kecenderungan untuk kekurangan air dalam tubuh oleh sebab olahraga. Kehausan sering datang belakangan dari kebutuhan tubuh, sebab itu setiap atlet perlu untuk mendapatkan minuman atau cairan lebih banyak dari keinginan tersebut

Berjaga dengan kemungkinan kekurangan zat besi

Hal ini terkhusus diperlukan bagi para pelari. Untuk menghindarkan kekurangan zat besi, pelari harus makan makanan dengan kadar besi yang tinggi. Dengan konsultasi dokter, banyak pelari akan mendapat keuntungan melalui zat suplemen besi yang cukup.

Suplemen vitamin dan mineral tidak dibutuhkan

Para atlet mendapatkan keuntungan oleh sebab makan lebih banyak kalori kedalam tubuh, yang mempunyai vitamin dan mineral yang cukup. Penambahan suplemen akan memberikan ketidakseimbangan zat makanan dalam tubuh.

Beristirahat dan makan karbohidrat sebelum bertanding

Untuk menghadapi olahraga yang akan berakhir lebih dari 90 menit, cara yang terbaik untuk persiapannya adalah menurunkan latihan secara berangsur-angsur seminggu sebelum bertandingan, sementara makan lebih dari 70% karbohidrat lebih kurang dari 3 hari sebelum hari bertanding. Makanan sebelum bertanding haruslah 500-800 kalori, dari zat tepung ringan dengan selulosa rendah, 3 sampai 5 jam sebelum pertandingan.

Olahraga merupakan sumber tenaga , namun olahraga memerlukan tenaga. Makanan karbohidrat tinggi akan banyak memberikan tenaga bagi anda.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Nasehat Gizi Untuk Para Atlet
Nasehat Gizi Untuk Para Atlet
Artikel "Nasehat Gizi Untuk Para Atlet" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/nasehat-gizi-untuk-para-atlet.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.