Home Penyakit Uncategorized Olahraga Dan Efek Bagi Otak

Olahraga Dan Efek Bagi Otak

Olahraga Dan Efek Bagi Otak-Kesegaran jasmani bukan hanya satu rahasia yang paling penting untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sebagai dasar dinamik dan kreatif untuk kegiatan intelek.

Kecerdasan dan keterampilan hanya dapat berfungsi pada puncak kapasitasnya bila tubuh dalam keadaan kuat. Penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan menunjukan hasil bahwa mereka yang melakukan olahraga melaporkan bahwa mereka mempunyai perasaan lebih santai, kurang lelah, lebih berdisplin, mempunyai perasaan bahwa mereka kelihatan lebih baik, mempunyai keyakinan diri yang tinggi, lebih berproduksi dalam pekerjaan, dan umumnya merasa bangga dan percaya dengan diri mereka sendiri.

Selain itu dipaparkan lagi bahwa setelah 10 minggu berjalan atau jogging, mereka yang berusia baya yang semula hanya duduk saja, ternyata mempunyai daya ingat yang lebih baik serta daya pikir yang lebih tajam.

Olahraga Dan Efek Bagi Otak

Berikut akan saya paparkan mengenai kesimpulan yang dapat diambil dari Lokarya Institut Nasional dari Kesehatan Mental Amerika Serikat pada tahun 1984 adalah

  1. Kesegaran jasmani secara positif berhubungan dengan kesehatan mental dan kesehatan kesuluruhan dari seseorang.
  2. Olahraga berhubungan dengan pengurangan ketegangan emosi seperti kecemasan.
  3. Kecemasan dan depresi adalah gejala umum dari kegagalan untuk menghadapi ketegangan mental, dan olahraga telah dinyatakan berhubungan dengan pengurangan tingkat depresi dan kecemasan seseoran.
  4. Olahraga dalam jangka lama umumnya berhubungan dengan pengurangan kemungkinan penyakit jiwa dan kecemasan.
  5. Olahraga yang tepat menghasilkan pengurangan didalam berbagai stres oleh sebab hubungannya dengan ketegangan saraf otot (neuromuscular tension), denyut jantung waktu istirahat dan beberapa hormon ketegangan.
  6. Opini klinis pada dewasa ini berpegang pada pendapat bahwa olahraga mempunyai keuntungan emosi untuk segala usia, pria dan wanita.

Dalam hasil lokarya tersebut disimpulkan bahwa  olahraga dapat menenangkan pikiran, memperbaiki daya ingat, mengurangi kecemasan, dan depresi oleh sebab adanya hubungan olahraga dengan bertambahnya beta endorphin, gelombang otak alpha dan penyalur saraf otak.

Selain itu olahraga untuk 15-30 menit dengan frekuensi 3-5 kali/minggu dengan intensitas kegiatan aerobik yang tinggi seperti jogging, berenang, bersepeda, atau berjalan cepat, penting dalam memperkembang sistem pembuluh darah jantung dan paru-paru yang baik. Penelitian tersebut menunjukan bahwa jantung diperkuat, demikian juga otak selain itu olahraga adalah senjata yang ampuh untuk menghadapi stres, kecemasan dan depresi yang tidak pernah berakhir dizaman modern ini.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Olahraga Dan Efek Bagi Otak
Olahraga Dan Efek Bagi Otak
Artikel "Olahraga Dan Efek Bagi Otak" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/olahraga-dan-efek-bagi-otak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.