Home Penyakit Uncategorized Olahraga Mengurangi Hipertensi

Olahraga Mengurangi Hipertensi

Olahraga Mengurangi Hipertensi- Paffenbarger dari Universitas Stanford yang meneliti 15.000 tamtan Universitas Harvard untuk 6 sampai 10 tahun. Selama penelitian berlangsung, didapatkan bahwa 681 tamatan Harvard tersebut menderita hipertensi. Ternyata alumni yang tidak terlibat dalam berolahraga dan kegiatan mempunyai resiko mendapat hipertensi 35% lebih besar dari mereka yang berolahraga. Keadaan ini berlaku kepada mereka dari segala usia 35-74 tahun.

Olahraga Mengurangi Hipertensi

Peneliti lain, Blair yang bekerja pada Institut Penelitian Aerobik meneliti 4820 pria dan 1219 wanita antara usia 20-65 tahun dengan menggunakan tes teadmil. Blair mengikuti perkembangan mereka selama 1-12 tahun untuk melihat perkembangan hipertensi mereka, dan hasil penelitian menunjukan bahwa mereka yang berolahraga sedikit mempunyai kemungkinan untuk tekanan darah 52% lebih tinggi daripada mereka yang berolahraga dengan cukup hingga mempunyai kesegaran jasmani. Penelitian lain juga menunjukan bahwa olahraga dapat menurunkan tekanan diastolik untuk 3-15mm Hg dan menurunkan tekanan sistolik antara 5-25 mm Hg.

Olahraga dapat mengurangi tekanan darah bukan hanya disebabkan berkurangnya berat badan, tetapi juga disebabkan bagaimana tekanan darah tersebut dihasilkan.Olahraga dapat menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah kapiler yang baru dan jalan darah yang baru. Dengan demikian hal-hal yang menghambat pengaliran darah dapat dihindari  yang berarti dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian dari John Hanson dan William Nedde dari Universitas Vermont baru-baru ini juga menunjukan bagaimana olahraga mengurangi tekanan darah. Penelitian tersebut meneliti sekumpulan penderita hipertensi. Untuk tujuh bulan mereka dalam berolahraga, yang meliputi lari jauh, senam dan bahkan olahraga berkompetisi. Pada akhir penelitian ternyata tekanan darah mereka telah turun dari 16/92 menjadi 134/75. Bukti nyata bagi mereka yang telah menderita tekanan darah tinggi sangat penting, sebab ini menunjukan bahwa olahraga bukan hanya menghindarkan tekanan darah tinggi, tetapi juga menurunkan tekanan darah dari mereka yang telah menderita penyakit tersebut.

Prinsip yang penting dalam olahraga untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi ialah mulai dengan olahraga ringan lebih dahulu seperti jalan kaki atau berenang.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat. Terimakasih.

Olahraga Mengurangi Hipertensi
Olahraga Mengurangi Hipertensi
Artikel "Olahraga Mengurangi Hipertensi" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/olahraga-mengurangi-hipertensi.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.