Home Penyakit Uncategorized Olahraga Menolong Jantung

Olahraga Menolong Jantung

Olahraga Menolong Jantung-Salah satu penelitian yang dikenal dengan  “Penelitian Framingham” yang berlangsung dari tahun1948-1971, menunjukkan bahwa angka kematian yang disebabkan oleh serangan jantung lima kali lipat lebih besar dari pada orang yang tidak giat dalam bergerak badan dibandingkan dengan mereka yang aktif bergerak badan atau berolahraga.

Olahraga Menolong Jantung

Disinilah fakta penting bahwa berolahraga atau gerak badan akan menolong jantung sebab otot-otot anda akan berfungsi menjadi jantung yang kedua. Otot yang baik akan menolong peredaran darah yang baik. Otot yang lemah atau otot yang tidak bergerak atau tidak berolahraga, akan menghalangi peredaran darah yang baik, dengan kata lain, anda memaksakan jantung untuk bekerja lebih berat bila tidak berolahraga.

Dan pada saat melakukan olahraga dengan teratur dan tidak memaksakan diri jantung akan menjadi lebih kuat dan lebih berdaya guna. Arteri yang mensuplai otot jantung dengan darah akan bertambah besar ukuranya, dan mengurangi resiko serangan jantung lebih lanjut.

Melalui olahraga, jumlah darah yang dipompakan untuk setiap kontraksi bertambah dari biasanya 190gr ke 250gr bahkan bisa melebihi rentang tersebut. Bila jantung dalam keadaan beristirahat, denyut nadi akan lebih sedikit berdetak dan bagi mereka yang tidak pernah berolahraga denyut jantung umumnya 80kali dalam satu menit dapat berkurang menjadi 60 kali atau lebih sedikit. Dan ini dapat melakukan penghematan 28.000 denyutan dalam sehari. Seseorang biasanya mempunyai rata-rata denyut nadi sebanyak 80 miliar sepanjang hidupnya dengan demikian lebih banyak jantung anda akan berdenyut setiap hari. Sebab itu berolahragalah selagi masih diberi kesehatan untuk mengurangi mengurangi resiko terkena penyakit jantung sehingga anda dapat menikmati hidup ini lebih lama.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Olahraga Menolong Jantung
Olahraga Menolong Jantung
Artikel "Olahraga Menolong Jantung" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/olahraga-menolong-jantung.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.