Home Penyakit Uncategorized Olahraga Menolong Otak

Olahraga Menolong Otak

Olahraga Menolong Otak – Ahli filsafat Gerika yang bernama Aristotle pada tahun 335 SM telah memulai sekolah yang bernama “Peripatetik” penamaan tersebut didasarkan pada kebiasaan Aristotle yang senang berjalan kaki naik turun peripaton di Athena, dan pada saat yang sama memberikan pelajaran kepada muridnya yang berjalan bersama dengan dia. Orang gerika percaya bahwa olahraga akan mempertinggi kesehatan otak.

Olahraga Menolong Otak

Berikut ini ulasan tersebut :

ENDEGENOUS OPIOIDS

Dalam penelitian telah menemukan bahwa endegenous opiods berfungsi sebagai morphine. Dalam hal ini dapat bermanfaat sebagai pengurang rasa nyeri, pemberi kekuatan menghadapi kanker, menambah daya ingat, menormalkan selera seks, tekanan darah dan ventilisasi. Ketika berolahraga, kelenjar pituitari menambah produksi beta endorphin dan sebagai hasilnya endorphin tersebut naik didalam darah yang dialirkan juga keotak, sehingga mengurangi nyeri, cemas, depresi dan perasaan letih.

GELOMBANG OTAK ALPHA

Gelombang otak alpha dketahui berhubungan dengan rileks dan keadaan santai seperti pada waktu meditasi. Para peneliti berpendapat bahwa bertambahnya kekuatan gelombang otak alpha memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.

PENYALUR SARAF OTAK

Olahraga dapat menaikan tingkat norepinephrine, dopamine dan serotonin didalam otak, dengan demikian mengurangi depresi. Telah dibuktikan bahwa penyalur saraf otak (neutransmitters) seperti norepinephrine (NE) dan serotonin (5-HT) terlibat dalam depresi dan schizophrenia. Dengan dasar ini dapat disimpulkan bahwa berolahraga disebabkan naiknya kadar NE atau 5-HT didalam otak.

Para ilmuwan juga menarik kesimpulan bahwa olahraga dapat menolong otak untuk berfungsi dengan lebih baik secara intelek. Dengan demikian, para siswa, mahasiswa atau pegawai, yang melakukan olahraga tidak perlu merasa rugi sebab waktu itu tidak terbuang. Justru 30 menit waktu yang digunakan untuk berolahraga, akan mendorong pikiran untuk berfungsi dengan lebih berdayaguna.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Olahraga Menolong Otak
Olahraga Menolong Otak
Artikel "Olahraga Menolong Otak" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/olahraga-menolong-otak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.