Home Penyakit Uncategorized Olahraga Sebagai Pengobatan Diabetes

Olahraga Sebagai Pengobatan Diabetes

Olahraga Sebagai Pengobatan Diabetes- Dengan melihat penemuan-penemuan sekarang ternyata diabetes disebabkan kurang berdayagunanya insulin dalam tubuh yang disebabkan kehadiran lemak, maka kita dapat melihat peranan olahraga dalam penyembuhan penderita diabetes. Bila seorang penderita diabetes berolahraga, ia akan gunakan lemak yang berada didalam darah untuk tenaganya  dan dengan berolahraga yang terus menerus, kadar lemak dalam darah akan berkurang. Sementara kadar lemak makin menurun, insulin dalam tubuhnya makin bertambah peka, dan akhirnya gulanya akan menurun.

Olahraga Sebagai Pengobatan Diabetes

Ada banyak keuntungan olahraga aerobik teratur seperti; berenang, lari, bersepeda, atau jalan cepat, untuk penderita diabetes. Beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut :

Pengendalian diabetes diperbaiki

Pakar kesehatan mengatakan bahwa olahraga aerobik yang teratur dapat mengurangi kebutuhan insulin untuk 30-50% penderita diabetes yang bergantung kepada insulin, dan 100% untuk penderita diabetes yang tidak bergantung pada insulin, hal ini dapat optimal jika dipadukan dengan program makanan sehat dan pengontrolan berat badan.

Menghindarkan kegemukan

Kurangnya bergerak telah menjadi penyebab utama dalam kegemukan dalam masyarakt modern sekarang ini. Olahraga aerobik menghindarkan dari kelebihan berat dengan membakar lemak dalam tubuh. Kehilangan lamak tubuh setelah berolahraga dan program makanan sehat akan mengurangi glukosa dan insulin kepada penderita diabetes yang tidak bergantung pada insulin.

Pengaruhnya kepada lipid darah dan lipoprotein

Diabetes memberikan resiko tinggi untuk penyakit jantung kardiovascular. Olahraga akan mengurangi LDL-C, menambah HDL-C, dan mengurangi trigliserida dalam darah, yang berarti mengurangi resiko untuk penyakit jantung kardiovascular.

Penderita diabetes harus menghindari olahraga berat sampai adanya pengontrolan diabetes yang baik. Selain itu dianjurkan melakukan olahraga secara berangsur-angsur. Olahraga akan memberikan kemajuan pesat dalam penyembuhan diabetes bila pengawasan makanan diadakan dengan ketat.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Olahraga Sebagai Pengobatan Diabetes
Olahraga Sebagai Pengobatan Diabetes
Artikel "Olahraga Sebagai Pengobatan Diabetes" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 25th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/olahraga-sebagai-pengobatan-diabetes.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.