Home Penyakit Uncategorized Pemeriksaan Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)

Pemeriksaan Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)

Pengertian Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)

Ini adalah pemeriksaan yang dilakukan pada saluran pencernaan penderita yang menggunakan sinar X, khususnya terjadi di usus besar. Adapun pemeriksaan ini dirasa perlu dilakukan jika penderita sudah mengalami gejala berupa perubahan kebiasaan buang air besar, rasa nyeri pada perut bawah atau karena adanya darah dalam lendir.

Fungsi Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)

Selain fungsi test ini yang sudah disebutkan dalam pengertianya, masih ada beberapa hal lain yang melatarbelakangi pemeriksaan ini seperti untuk mendiagnosis kanker usus besar yang dialami penderita dan kanker rectum atau perubahan usus besar.

Persiapan Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)

Sebelum melakukan pemeriksaan ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan penderita, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penderita harus mengetahui segala hal yang berhubungan dengan pemeriksaan ini seperti siapa yang melakukan, dimana terjadinya pemeriksaan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan.
  2. Penderita juga harus memahami bahwa kerjasamanya sangat penting supaya pemeriksaan ini dapat berjalan dengan baik. Misalnya penderita harus membatasi konsumsi makan dan minim dari susu dan lebih banyak mengkonsumsi air.
  3. Penderita akan mengalami efek samping berupa enema berulang yang terjadi hingga tidak ada lagi feses yang menghalangi usus besar.
  4. Penderita akan dibaringkan di meja pemeriksaan dan dimiringkan, serta selama pemeriksaan ini penderita akan dipasang tali pengaman pada meja dan dibantu untuk melakukan beberapa posisi penyinaran.
  5. Penderita akan merasakan beberapa efek samping lain seperti nyeri, kram, atau ingin mengeluarkan enema barium saat dimasukkan ke dalam usus.
Pemeriksaan Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)
Pemeriksaan Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)
Artikel "Pemeriksaan Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pemeriksaan-barium-enema-pemeriksaan-saluran-pencernaan-bawah.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.