Home Penyakit Uncategorized Pencegahan Hepatitis B

Pencegahan Hepatitis B

Pencegahan Hepatitis B-Imunisasi hepatitis B diberikan karena fakta menunjukkan anti-Hbs yang terbentuk setelah dilakukan vaksinasi merupakan antibodi humoral yang dapat mencegah tertularnya VHB. Dengan demikian imunisasi akan menurunkan angka kesakitan dan kematian serta berbagai macam manifestasinya akibat terinfeksi VHB. Secara tidak langsung imunisasi juga menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat sirosis dan kanker hati.

Pencegahan Hepatitis B

Berikut ini adalah pencegahan yang dapat dilakukan:

Secara umum

Jangan menggunakan jarum suntik bekas, peralatan tato, dan jarum akupuntur yang tidak steril. Hindarkan pemakaian bersama peralatan pribadi seperti sikat gigi, pisau cukur, dan peralatan lainnya yang dapat menyebabkan kulit lecet dan luka.

Secara khusus

Lakukan imunisasi hepatitis B baik pasif maupun aktif.

Imunisasi pasif dilakukan dengan memberikan hepatitis B Immune globulin (HBIg) yang akan memberikan perlindungan secara cepat meskipun jangka waktunya terbatas yaitu hanya 3-6 bulan. HBIg dibuat dari plasma yang mengandung anti-HBs titer tinggi (>100.000 IU/mL) sehingga dapat memberikan proteksi terhadap VHB. Pemberian HBIg bukan merupakan upaya pencegahan sebelum terinfeksi dengan virus hepatitis B.

Imunisasi aktif dilakukan dengan vaksin hepatitis B. Dalam beberapa keadaan, misalnya bayi yang lahir dari ibu dengan infeksi VHB perlu diberikan HBIg mendahului atau bersama-sama dengan vaksinasi hepatitis B. HBIg yang merupakan antibodi terhadap VHB diberikan secara intramuskular dengan dosis 0,5 ML. Untuk mendapatkan efektivitas yang lebih tinggi, sebaiknya HBIg dan vaksin hepatitis B diberikan segera setelah persalinan, pada paha disisi berlawanan. Prioritas utama imunisasi VHB adalah bayi baru lahir, kurang dari 12 jam setelah persalinan. Sasaran lainnya adalah semua bayi, anak, dan remaja (max 12 tahun) yang belum pernah diimunisasi. Pada orang dewasa, vaksinasi hepatitis B diberikan setelah memerikasa HBsAg dan anti-HBs terlebih dahulu dan kalau perlu anti-HBc.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Pencegahan Hepatitis B
Pencegahan Hepatitis B
Artikel "Pencegahan Hepatitis B" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pencegahan-hepatitis-b.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.