Home Penyakit Uncategorized Penelanan Barium (Esophagram)

Penelanan Barium (Esophagram)

Pengertian Penelanan Barium (Esophagram)

Ini adalah pemeriksaan dimana penderita akan diperiksa saluran pencernaan bagian atasnya dengan dianjurkan untuk menelan barium yang diminum penderita, tujuan dari menelan barium ini adalah supaya tampak pada penyinaran X yang mengalir di saluran pencernaan.

Fungsi Penelanan Barium (Esophagram)

Selain fungsi pemeriksaan ini yang sudah disebutkan dalam pengertianya, perlu diketahui juga beberapa fungsi lainya sebagai penambahan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mendiagnosis penyakit hernia henital, yaitu keadaan lambung penderita yang naik ke atas dan masuk ke dalam kerongkongan atau di luarnya.
  2. Untuk mendiagnosis adanya kantong yang dinamakan divertikula pada saluran pencernaan bagian atas.
  3. Untuk mendiagnosis adanya penyakit varices esophagus yaitu pelebaran vena yang tidak normal
  4. Untuk mendeteksi adanya ulcer atau polip.

Persiapan Penelanan Barium (Esophagram)

Sebelum melakukan pemeriksaan ini, ada beberapa hal yang menjadi persiapan dan perlu dilakukan oleh penderita, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penderita akan dianjurkan untuk berpuasa pada tengah mala m sebelum pemeriksaan ini dilakukan.
  2. Penderita harus mengetahui segala hal yang berhubungan dengan pemeriksaan ini seperti siapa yang melakukan, lokasi pemeriksaan dan waktu yang dibutuhkan selama pemeriksaan.
  3. Penderita sebelumnya akan diberikan preparat barium selama tes penelanan barium.
  4. Penderita akan diposisikan pada beberapa posisi ketika sedang berada pada meja pemeriksaan sinar X, misalnya dapat dimiringkan dan film sinar X dipasang.
  5. Penderita harus melepaskan semua perhiasan atau benda-benda yang dapat menghambat pemeriksaan ini.
  6. Jika penderita mendapatkan surat yang bertujuan untuk meminta tanda tangan persetujuan atas pemeriksaan yang akan dilakukan, maka sebaiknya penderita membaca terlebih dahulu surat tersebut hingga paham sebelum membubuhkan tanda tangan
Penelanan Barium (Esophagram)
Penelanan Barium (Esophagram)
Artikel "Penelanan Barium (Esophagram)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/penelanan-barium-esophagram.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.