Home Penyakit Lepra Pengertian dan cara mengobati kusta

Pengertian dan cara mengobati kusta

Pengertian penyakit kusta

Penyakit kusta atau biasa disebut dengan penyakit lepra atau leprosy merupakan sebuah penyakit infeksi yang dapat menular ke orang lain secara kronis. Penyakit ini memiliki 3 nama yang berbeda-beda namun tetap dalam satu penaykit. Yang mana pada 2 nama sudah saya sebutkan di atas, dan nama yang ketiga adalah disebut juga dengan Morbus Hansen.

Istilah kusta sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta, yaitu kushtha yang berarti kumpulan gejala-gejala kulit secara umum. Pada dasarnya, penyakit ini diperkirakan berasal dari Afrika atau Asia Tengah yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan adanya perpindahan penduduk entah dari desa ke kota, kemudian antar pulau, hingga antar Negara. Yang perlu diingat adalah, penyakit ini masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke IV-V yang diduga dibawa oleh orang-orang India yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan agamanya dan berdagang. Buruknya lagi adalah, ternyata ada dua hingga tiga juta jiwa yang cacat permanen dikarenakan oleh penyakit kusta. Hal ini telah dikemukakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1995.

Pengobatan penyakit kusta

Sayangnya adalah, hingga saat ini ternyata belum ada ada vaksinasi yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit kusta. Bahkan ternyata dari hasil penelitian, telah dibuktikan bahwa kuman kusta yang masih utuh bentuknya, biasanya kuman tersebut lebih mudah menularkan ke orang lain dibandingkan dengan yang tidak utuh.

 

 

 

Pengertian dan cara mengobati kusta
Pengertian dan cara mengobati kusta
Artikel "Pengertian dan cara mengobati kusta" ditulis oleh admin update terakhir pada 20th October 2012 Categories Lepra permalinks http://www.jamugodog.com/pengertian-dan-cara-mengobati-kusta.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.