Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Hepatitis C

Pengobatan Hepatitis C

Pengobatan Hepatitis C – Tujuan pengobatan pada penderita hepatitis C adalah menghilangkan virus. Bila hal ini tidak bisa tercapai, maka tujuan berikutnya yaitu mencegah terjadinya sirosis dan komplikasinya serta mencegah terjadinya kanker hati. Pada infeksi hepatitis C akut, bisa diberikan pengobatan antivirus saja dengan interferon standar yang diberikan 3x seminggu selama 3 bulan. Namun, rekomendasi spesifik pengobatan dengan antivirus ini perlu menunggu kajian lebih lanjut tentang hilangnya virus spontan dan waktu yang tepat untuk memulai pengobatan. Beberapa pakar menganjurkan untuk mengobservasi hilangnya virus spontan selama 3 bulan.

Pengobatan Hepatitis C

Untuk infeksi kronik pada dewasa, pengobatan dengan antivirus diberikan bila:

  1. SGPT > 2x batas atas nilai normal.
  2.  Pengobatan yang diberikan adalah kombinasiinterferon dengan ribavirin
  3. Interferon konvensional dosisnya 3; 4; atau 5 MIU, 3x seminggu tergantung kondisi pasien.
  4. Pegylated interferonalfa-2a diberikan 180 mcg, sekali seminggu selama 12 bulan pada genotipe 1 dan 4, dan 6 bulan pada genotipe 2 dan 3.
  5. Peglated interferon alfa-2b diberikan dengan dosis 1,5 mcg/kgBB/kali, satu kali seminggu selama 12 atau 6 bulan tergantung genotipe.

Ada 5 faktor independen yang berhubungan dengan keberhasilan pemberian interferon + ribavirin pada penderita hepatitis C kronik yaitu:

  1. VHC genotipe (genotipe non1)
  2. Jumalah virus/viral load
  3. Usia < 40 tahun
  4. Fibrosis score lebih sedikit
  5. Gender

Kegagalan fungsi hati, memerlukan transplantasi hati. Dari hasil penelitian, pegylated interderon plus ribavirin lebih efektid dibanding kombinasi interferon standar (3x seminggu) dan ribavirin, atau sebanding dengan pegulated interferon saja (monoterapi). Hepatitis C kronik pada usia diatas 3 tahun, juga bisa diberikan pengobatan kombinasi interferon dan ribavirin. Hanya saja, anak dengna hemoglobinopati dan thalasemia, Ribavirin jangan diberikan.

Sekarang anda jauh lebih tahu bukan?

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Pengobatan Hepatitis C
Pengobatan Hepatitis C
Artikel "Pengobatan Hepatitis C" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-hepatitis-c.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.