Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Barotitis Media (Aerotitis, Barotrauma)

Pengobatan Herbal Barotitis Media (Aerotitis, Barotrauma)

Pengertian Barotitis Media

Berdasarkan pengertinya, yang dimaksudkan dengan penyakit barotitis media atau aerotitis, barotrauma adalah gangguan pada telinga yang khususnya terjadi akibat perubahan tekanan udara di telinga luar dan telinga tengah yang dipisahkan oleh gendang telinga. Sebagai penambahan, jika tekanan udara di dalam saluran telinga dan tekanan udara di dalam telinga tengah tidak sama, maka bisa terjadi kerusakan pada gendang telinga.

Penyebab Barotitis Media

Ada beberapa hal yang diyakini menjadi penyebab terjadinya penyakit barotrauma ini, diantara lain adalah dikarenakan penyumbatan pada tubaeustakius. Dan jika tuba eustakius mengalami penyumbatan sebagian atau penyumbatan total akibat adanya jaringan parut, infeksi atau alergi, maka udara tidak akan sampai ke telinga tengah dan terjadilah perbedaan tekanan.

Gejala  Barotitis Media

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala yang dirasakan sebelum penderita mengalami barotitis media atau aerotitis. Pengertian dari barotrauma  adalah rasa yang dialami penderita berupa nyeri pada salah satu atau kedua telinganya, yang disertai dengan hilangnya pendengaran yang sifatnya ringan. Selain itu penderita juga merasakan adanya tekanan di dalam telinganya.

Diagnosa Barotitis Media

Sama halnya dengan penyakit lain, untuk mendiagnosa penderita barotitis media atau aerotitis, barotraumas harus didasarkan pada gejala-gejalanya. Dan khusus untuk penyakit ini, diagnosa dapat dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan otoskop sehingga tampak penggembungan ringan atau retraksi pada gendang telinga penderita.

Pengobatan HerbaL Barotitis Media

Secara medis, pengobatan sederhana secara dini yang dianjurkan kepada penderita penyakit barotitis media atau aerotitis adalah dengan melakukan beberapa hal atau kebiasaan seperti, menguap, mengunyah permen karet menelan makanan dan menghisap permen. Kebiasakan tersebut diyakini dapat membantu membuka tuba eustakius sehingga udara bisa keluar-masuk.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Barotitis Media (Aerotitis, Barotrauma)
Pengobatan Herbal Barotitis Media (Aerotitis, Barotrauma)
Artikel "Pengobatan Herbal Barotitis Media (Aerotitis, Barotrauma)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 31st December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-barotitis-media-aerotitis-barotrauma.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.