Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Batu Empedu

Pengobatan Herbal Batu Empedu

 

Pengertian Batu Empedu

Komponen utama dari batu empedu adalah kolesterol, sebagian kecil lainnya terbentuk dari garam kalsium Yang dimaksudkan dengan Batu Empedu adalah tumpukan kristal dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu. Batu yang ditemukan di dalam kandung empedu disebut kolelitiasis, sedangkan batu di dalam saluran empedu disebut koledokolitiasis.

Gejala Batu Empedu

Pada umumnya sebagian besar batu empedu jangka panjang tidak sedikitpun menimbulkan gejala, apalagi bila batu berada dalam kandung empedu. Namun kita haruslah waspada karena batu yang besar secara perlahan akan mengikis dinding kandung empedu dan masuk ke usus halus atau usus besar, sehingga menyebabkan penyumbatan usus atau biasa disebut dengan ileus batu empedu. Rasa nyeri akan terasa jika batu empedu secara tiba-tiba menyumbat saluran empedu. Rasa nyeri tersebut tidak beraturan, kadang hilang, kadangpula muncul. Rasa nyeri seperti ini biasa disebut nyerei kolik yang biasanya bisa berlangsung hingga beberapa jam.

Penyebab Batu Empedu

Penyebab Batu Empedu pada penderita disebabkan oleh infeksi bersamaan dengan penyumbatan saluran, sehingga akan timbul demam, menggigil dan sakit kuning. Penyumbatan menetap pada duktus sistikus menyebabkan terjadinya peradangan kandung empedu. Batu empedu lebih banyak ditemukan pada wanita dengan faktor resiko seperti usia lanjut, obesitas, diet tinggi lemak dan juga yang berkaitan dengan faktor keturunan.. Cairan empedu mengandung sejumlah besar kolesterol yang biasanya tetap berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, maka kolesterol bisa menjadi tidak larut dan membentuk endapan di luar empedu.

Pengobatan Herbal Batu Empedu

Pengobatan didasarkan pada gejala. Jika nyeri yang hilang-timbul bisa dihindari atau dikurangi dengan menghindari atau mengurangi makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

 

 

Pengobatan Herbal Batu Empedu
Pengobatan Herbal Batu Empedu
Artikel "Pengobatan Herbal Batu Empedu" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 23rd December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-batu-empedu.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.