Home Penyakit Uncategorized Pengobatan herbal Batu Saluran Kemih

Pengobatan herbal Batu Saluran Kemih

 

Pengertian Batu Saluran Kemih

Yang dimaksudkan dengan Batu di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih, atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih atau biasa disebut dengan batu kandung kemih. Terbentuknya batu bisa terjadi karena air kemih jenuh dengan garam-garam yang dapat membentuk batu atau karena kekurangan penghambat pembentukan batu yang normal. Batu struvit (campuran dari magnesium, amonium, dan fosfat), juga disebut batu infeksi karena batu ini hanya terbentuk di dalam air kemih yang terinfeksi. Batu yang besar disebut kalkulus staghorn. Batu ini bisa mengisi hampir keseluruhan pelvis renalis dan kalises renalis.

Gejala Batu Saluran Kemih

Gejala yang timbul adalah batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis yang bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis terasa nyeri yang hilang-timbul di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang yang menjalar ke perut, daerah kemaluan, dan paha sebelah dalam. Gejala lainnya adalah mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil, dan darah di dalam air kemih.

Diagnosa Batu Saluran Kemih

Diagnosa dilakukan denganĀ  cara melakukan pemeriksaan analisa air kemih rutin (urinalisis). Diagnosisi juga didasari oleh gejala dan penyebab kolik renalis.

Pengobatan HerbalĀ  Batu Saluran Kemih

Pada umumnya batu kecil yang tidak menyebabkan gejala, penyumbatan atau infeksi, biasanya tidak perlu diobati. Minum banyak cairan akan meningkatkan pembentukan air kemih dan membantu membuang beberapa batu. Kolik renalis bisa dikurangi dengan obat pereda nyeri golongan narkotik.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

 

Pengobatan herbal Batu Saluran Kemih
Pengobatan herbal Batu Saluran Kemih
Artikel "Pengobatan herbal Batu Saluran Kemih" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 25th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-batu-saluran-kemih.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.