Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Dermatitis Kontak

Pengobatan Herbal Dermatitis Kontak

Pengertian Dermatitis Kontak

Pada umumnya Dermatitis Kontak didefenisikan sebagai suatu peradangan yang disebabkan karena seorang penderita terkontaminasi dengan suatu zat tertentu.

 Penyebab Dermatitis Kontak

Penyebab dermatitis kontak pada mumnya adalah iritasi atau reaksi alergi. Beberapa penyebab lain dari dermatitis kontak adalah bahan-bahan kosmetik seperti yang terdapat di dalam cat kuku, penghapus cat kuku, deodoran, pelembab, losyen sehabis bercukur, parfum, senyawa kimia, obat-obat yang terkandung dalam krim kulit, antibiotic, penisilin, sulfonamid, neomisin, antihistamin, difenhidramin, prometazin, anestesi benzokain, antiseptik timerosal dan zat kimia yang digunakan dalam pengolahan pakaian.

Gejala Dermatitis Kontak

Gejala yang menimbulkan dermatitis kontak bermacam-macam, mulai dari kemerahan yang ringan dan hanya berlangsung sekejap sampai kepada pembengkakan hebat dan lepuhan kulit.

Diagnosa Dermatitis Kontak

Diagnosa dermatitis kontak bisa dilakukan berdasarkan gejala-gejala yang ada. Pemeriksaan lain yang digunakan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lainnya adalah biopsi atau pembiakan luka di kulit.

Pengobatan Herbal Dermatitis Kontak

Pengobatan dilakukan dengan cara menghilangkan atau menghindari zat-zat penyebab terjadinya dermatitis kontak. Untuk mencegah infeksi dan menghindari iritasi, daerah yang terkena harus dibersihkan secara teratur dengan air dan sabun yang lembut. Lepuhan tidak boleh dipecahkan. Verban kering juga bisa mencegah terjadinya infeksi. Krim atau salep corticosteroid biasanya bisa meringankan gejala-gejala dermatitis kontak yang ringan. Tablet corticosteroid kadang digunakan pada kasus yang berat. Pada keadaan tertentu pemberian antihistamin bisa meringankan gatal-gatal.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Dermatitis Kontak
Pengobatan Herbal Dermatitis Kontak
Artikel "Pengobatan Herbal Dermatitis Kontak" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 24th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-dermatitis-kontak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.