Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Dismenore

Pengobatan Herbal Dismenore

Definisi Dismeonore

Dismenore didefenisikan sebagai nyeri pada perut yang berasal dari kram rahim yang terjadi selama masa menstruasi atau datang bulan pada wanita.

Penyebab Dismeonore

 Penyebab utama  Dismenore belum dapat diketahui secara pasti. Penyebab nyeri pada dismenore primer diduga berasal dari kontraksi rahim yang dirangsang oleh prostaglandin. Nyeri dirasakan semakin hebat ketika bekuan atau potongan jaringan dari lapisan rahim melewati serviks, terutama jika saluran serviksnya sempit. Beberapa faktor lain yang menyebabkan Dismenore adalah rahim yang menghadap ke belakang, kurang berolahraga, stres psikis dan stres sosial.

Diagnosa Dismeonore

Biasanya diagnosa dilakukan berdasarkan penyebab dan pemeriksaan fisik pada penderita Dismenore

Pengobatan Herbal Dismeonore

Pengobatan pada Dismenore adalah untuk mengurangi rasa nyeri. Mengurangi rasa nyeri tersebut dapat dilakukan dengan pemberian obat anti peradangan non-steroid seperti  ibuprofen, naproxen dan asam mefenamat. Obat-obat ini akan efektif jika mulai diminum dua hari sebelum menstruasi dan dilanjutkan sampai hari pertama dan kedua proses menstruasi. Selain itu rasa nyeri juga dapat dihilangkan dengan cara istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, pemijatan, orgasme pada aktivitas seksual, dan kompres hangat di daerah perut. Untuk mengatasi mual dan muntah bisa diberikan obat anti mual, tetapi mual dan muntah biasanya menghilang jika kramnya telah teratasi. Berikan Pil KB dosis rendah yang mengandung estrogen pada penderita jika nyeri masih saja berlangsung.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Dismenore
Pengobatan Herbal Dismenore
Artikel "Pengobatan Herbal Dismenore" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 25th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-dismenore.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.