Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Drug Rashes

Pengobatan Herbal Drug Rashes

 

Pengertian Drug Rashes

Yang dimaksudkan dengan Drug Rashes adalah ruam-ruam kulit yang merupakan efek samping dari obat-obatan.

Penyebab Drug Rushes

Penyebab terjadinya Drug Rashes adalah Kaligata (urtikaria), Nekrolisis epidermal toksika, Eritema multiformis, Sindroma Stevens-Johnson, Eritema nodosum. Selain itu reaksi alergi.
Setelah minum obat tertentu untuk pertama kalinya, seseorang bisa mengalami sensitisasi. Pemakaian berikutnya bisa memicu terjadinya suatu reaksi alergi. Biasanya dalam beberapa menit, timbul ruam-ruam di kulit. Gejala alergi lainnya yang bisa timbul bersamaan dengan munculnya ruam di kulit adalah hidung meler, mata berair atau suatu serangan asma.

Gejala  Drug Rashes

Gejala-gejala drug rashes memang muncul bervariasi, dimulai dari kemerahan yang ringan di daerah kulit tertentu disertai beruntus-beruntus kecil, sampai kepada pengelupasan seluruh kulit. Ruam bisa timbul segera setelah penderita minum obat tertentu (misalnya kaligata bisa terjadi setelah minum penisilin) atau baru muncul beberapa jam bahkan beberapa hari kemudian. Kadang ruam baru timbul beberapa tahun kemudian.

Diagnosa Drug Rashes

Mendiagnosa drug rashes harus berdasarkan gejala-gejala dan hasil check up penderita.

Pengobatan Herbal Drug Rashes

Pengobatan drug rashes dilakukan berdasarkan penyebab penyakit tersebut. Untuk meringankan gatal dan kulit kering bisa diberikan salep corticosteroid. Kebanyakan kasus kaligata akan segera mereda tanpa pengobatan, tetapi bila perlu bisa diberikan antihistamin atau corticosteroid per-oral (melalui mulut). Selain itu suntikan epinephrine atau corticosteroid dapat diberikan jika kelainan kulit yang terjadi sangat serius.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

 

Pengobatan Herbal Drug Rashes
Pengobatan Herbal Drug Rashes
Artikel "Pengobatan Herbal Drug Rashes" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 30th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-drug-rashes.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.