Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Endometriosis

Pengobatan Herbal Endometriosis

Pengertian Endometriosis

Yang dimaksudkan dengan endometriosis adalah jenis penyakit dimana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh dan berkembang di luar rahim. Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut. Endometrium yang salah tempat ini biasanya melekat pada ovarium dan ligamen penyokong rahim.

Penyebab Endometriosis

Secara umum penyebab penyakit ini belum bisa diketahui secara pasti. Namun, para ahli mencoba menerapkan teori untuk mengungkap penyebab endometriosis. Teori-teori tersebut adalah teori menstruasi retrograd atau menstruasi yang bergerak mundur, teori sistem kekebalan, dan teori genetik Keluarga tertentu memiliki faktor tertentu yang menyebabkan kepekaan yang tinggi terhadap endometriosis. Setiap bulan ovarium menghasilkan hormon yang merangsang sel-sel pada lapisan rahim untuk membengkak dan menebal. Tingginya resiko terjadinya endometriosis  biasanya terdiagnosa pada wanita dengan ibu atau saudara perempuannya menderita endometriosis, siklus menstuasi 27 hari atau kurang , menarke, menstruasi berlangsung selama 7 hari atau lebih, dan orgasme ketika menstruasi.

Gejala Endometriosis

Gejala-gejala atau tanda-tanda yang timbul pada penderita ndometriosis seperti nyeri di perut bagian bawah dan di daerah panggul, menstruasi yang tidak teratur, kemandulan, dan dispareunia.

Diagnosa Endometriosis

Pada kenyataanya diagnose endometriosis dilakukan berdasarkan gejala dan penyebab. Selain itu mendiagnosa penderita endometriosis juga melalui pemeriksaan fisik penderita.

Pengobatan Herbal Endometriosis

Pengobatan tergantung kepada gejala, rencana kehamilan, usia penderita dan beratnya penyakit dengan memberikan  pil KB kombinasi, progestin, danazole dan agonis GnRH.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Endometriosis
Pengobatan Herbal Endometriosis
Artikel "Pengobatan Herbal Endometriosis" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 25th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-endometriosis.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.