Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Eritema Nodosum

Pengobatan Herbal Eritema Nodosum

Pengertian Eritema Nodosum

Yang dimaksudkan dengan Eritema Nodosum adalah suatu peradangan yang menyebabkan terbentuknya benjolan merah yang lunak (nodul) di bawah kulit; paling sering ditemukan di atas tulang kering, tetapi kadang menyerang lengan dan bagian tubuh yang lain.

Penyebab Eritema Nodosum

Eritema Nodosum merupakan suatu reaksi terhadap obat, terutama antibiotik yang mengandung sulfa, yodium, bromida dan pil KB. Penyebab Eritema Nodosum pada anak-anak adalah timbulnya pilek atau nyeri tenggorokan, terutama jika penyebabnya adalah bakteri streptokokus. Pada dewasa, penyebab yang paling sering ditemukan adalah infeksi streptokokus dan sarkoidosis. Sedangkan beberapa penyebab lain dari eritema nodosum adalah lepra, koksikioidomikosis, histoplasmosis, tuberkulosis, psitakosis, limfogranuloma venereum, dan kolitis ulserativa.

Gejala Eritema Nodosum

Gejala Eritema Nodosum adalah Nodul eritema nodosum yanag biasanya muncul diatas tulang kering dan tampak seperti memar yang menonjol, yang secara bertahap warnanya akan berubah dari pink menjadi coklat kebiruan. Nodul ini bisa menimbulkan nyeri sehingga penderita mengalami demam dan nyeri persendian; kelenjar getah bening.

Diagnosa Eritema Nodosum

Mendiagnosa Eritema Nodosum harus berdasarkan gejala, penyebab, dan check up penderita.

Pengobatan Herbal Eritema Nodosum

Pengobatan tergantung pada penyebab Eritema Nodosum. Jika penyebabnya adalah infeksi streptokokus, diberikan antibiotik. Tirah baring bisa mengurangi nyeri. Jika tidak ditemukan infeksi maupun obat sebagai penyebabnya, bisa diberikan aspirin. Jika hanya ditemukan beberapa nodul bisa diobati dengan menyuntikkan corticosteroid langsung ke dalam nodul.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Eritema Nodosum
Pengobatan Herbal Eritema Nodosum
Artikel "Pengobatan Herbal Eritema Nodosum" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 30th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-eritema-nodosum.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.