Home Penyakit Uncategorized Pengobatan herbal Gatal-gatal

Pengobatan herbal Gatal-gatal

 

Pengertian Gatal-gatal

Yang dimaksudkan dengan Pruritus atau gatal-gatal adalah suatu perasaan yang secara otomatis menuntut penggarukan. Penggarukan terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit. Penggarukan juga bisa mengiritasi kulit yang selanjutnya akan menyebabkan bertambahnya rasa gatal, sehingga terjadi suatu lingkaran setan. Penggarukan dan penggosokan jangka panjang bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan penebalan kulit pada penderita.

Penyebab Gatal-gatal

Beberapa penyebab terjadinya gatal-gatal pada penderita adalah infestasi parasit, gigitan serangga, kaligata, dermatitis atopic, dermatitis kontak, dan dermatitis alergika. kontak dengan bahan wol atau bahan iritan juga bisa menyebabkan gatal-gatal.

Pengobatan Herbal Gatal-gatal

Untuk mengobati gatal-gatal tentu harus dipahami mengenai penyebab dari gatal-gatal itu sendiri, karena jika penyebabnya diketahui maka bisa dilakukan tindakan untuk mengobati penyebabnya tersebut. Jika kulit meradang, bisanya diberikan krim atau lotion pelembab yang tidak berbau dan berwarna. Pewarna juga bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal-gatal. Pada kasus ini bisa juga diberikan senyawa yang mengandung mentol, kamper, kamomil, eukaliptus dan kalamin. Krim corticosteroid yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan gatal-gatal, hanya digunakan jika gatal-gatal terbatas pada suatu daerah yang kecil. Antihistamin per-oral (misalnya hydroxizin dan diphenhydramine) bisa membantu mengurangi gatal-gatal, tetapi obat ini menyebabkan kantuk. Antihistamin biasanya tidak diberikan dalam bentuk olesan langsung ke kulit karena bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit penderita.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

 

Pengobatan herbal Gatal-gatal
Pengobatan herbal Gatal-gatal
Artikel "Pengobatan herbal Gatal-gatal" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 30th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-gatal-gatal.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.