Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Infeksi Cacing Tambang

Pengobatan Herbal Infeksi Cacing Tambang

Pengertian Infeksi Cacing Tambang

Yang dimaksudkan dengan Cacing Tambang adalah cacing parasit (nematoda) yang hidup pada usus kecil inangnya, manusia. Ada dua spesies cacing tambang yang biasa menyerang manusia, Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Penyakit cacing tambang adalah penyakit infeksi yang disebabkan cacing Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Cacing ini banyak terdapat di tanah di perkebunan kopi, teh dan karet. Disebut cacing tambang karena saat ditemukan pertama kali oleh pekerja tambang yang menderita penyakit ini sehingga disebut dengan cacing tambang.

Gejala Biasa Infeksi Cacing Tambang

Gejala penyakit ini awal mulanya tak spesifik seperti mual, muntah, malas makan, sakit perut dan badan kurus. Bentuk cacing dewasa menempel di dinding usus halus penderita dengan menggunakan giginya. Akibat adanya gigitan ini menyebabkan pembuluh darah dinding usus mengalami pendarahan. Sebagian darah dihisap oleh cacing dewasa dan sebagian keluar dari usus sehingga pada beraknya ditemukan darah.

Gejala umum Infeksi Cacing Tambang

Beberapa gejala lain yang ditemukan adalah Demam, batuk dan bunyi nafas mengi (bengek) bisa terjadi akibat berpindahnya larva melalui paru-paru, Cacing dewasa sering kali menyebabkan nyeri diperut bagian atas, Anemia karena kekurangan zat besi dan rendahnya kadar protein di dalam darah bisa terjadi akibat pendarahan usus, Kehilangan darah yang berat dan berlangsung lama, bisa menyebabkan pertumbuhan yang lambat, gagal jantung dan pembengkakan jaringan yang meluas pada anak-anak.

Ruam yang menonjol dan terasa gatal (ground itch) bisa muncul di tempat masuknya larva pada kulit.

Pengobatan Herbal Infeksi Cacing Tambang

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Infeksi Cacing Tambang
Pengobatan Herbal Infeksi Cacing Tambang
Artikel "Pengobatan Herbal Infeksi Cacing Tambang" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 30th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-infeksi-cacing-tambang.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.