Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Kaligata (urtikaria)

Pengobatan Herbal Kaligata (urtikaria)

 

Pengertian Kaligata

Yang dimaksudkan dengan penyakit Kaligata (urtikaria) adalah suatu reaksi alergi yang ditandai oleh bilur-bilur berwarna merah dengan berbagai ukuran di permukaan kulit.

Penyebab Kaligata

Penyebab terjadinya Kaligata atau urtikaria adalah, obat-obatan, makanan terutama telur, kerang-kerangan, ikan, kacang-kacangan, susu, serbuk sari, serbuk binatang (terutama kucing), gigitan serangga, air, cahaya matahai, panas, dingin, dan stres emosional.

Gejala Kaligata

Gejala-gejala yang terjadi pada penderita Kaligata adalah, gatal-gatal, pembengkakan diatas permukaan kulit yang berwarna kemerahan dengan batas pinggir yang jelas (timbul secara tiba-tiba, memudar bila disentuh, jika digaruk akan timbul bilur-bilur yang baru), bilur-bilur membesar lalu menyebar atau bergabung satu sama lain membentuk bilur yang lebih besar dan bentuknya berubah-ubah, hilang-timbul dalam beberapa menit atau jam.

Diagnosa kaligata

Pada umumnya diagnosa pada penderita Kaligata dilakukan berdasarkan gejala-gejalanya. Selain berdasarkan gejala, diagnose pada penderita Kaligata  juga dilakukan dengan tes kulit untuk alergi.

Pengobatan Herbal Kaligata

Ada beberapa jenis pengobatan terhadap penderita Kaligata. Jika Kaligata yang sifatnya ringan, maka tidak diperlukan pengobatan khusus karena bisa menghilang dengan sendirinya. NAmun, jika Kaligata sampai pada tahap penyumbatan tenggorokan dan kesulitan bernafas, maka segera mungkin dilakukan tindakan darurat. Untuk mengurangi peradangan, gatal-gatal dan pembengkakan, diberikan antihistamin, epinephrine, terbutalin, simetidin, kortikosteroid atau obat penenang sehingga mampu mengurangi resiko pada penderita penyakit Kaligata.
Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

 

Pengobatan Herbal  Kaligata (urtikaria)
Pengobatan Herbal Kaligata (urtikaria)
Artikel "Pengobatan Herbal Kaligata (urtikaria)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 29th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-kaligata-urtikaria.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.