Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Neutropenia

Pengobatan Herbal Neutropenia

Pengertian neutropenia

Yang dimaksudkan dengan Neutropenia adalah jumlah neutrofil yang sangat sedikit dalam darah.
Neutrofil merupakan sistem pertahan seluler yang utama dalam tubuh untuk melawan bakteri dan jamur. Neutrofil juga membantu penyembuhan luka dan memakan sisa-sisa benda asing.

Penyebab Neutropenia

Beberapa penyebab terjadinya penyakit Neutropenia adalah berkurangnya pembentukan neutrofil di sumsum tulang atau karena penghancuran sejumlah besar sel darah putih dalam sirkulasi. Anemia aplastik menyebabkan neutropenia dan kekurangan jenis sel darah, agranulositosis genetik infantil dan neutropenia familial, dan infeksi. Selain penyebab diatas, obat-obat seperti Antibiotik (penisilin, sulfonamid, kloramfenikol), Anti-kejang, Obat anti-tiroid, Kemoterapi untuk kanker, Garam emas, Fenotiazin.

Gejala Neutropenia

Gejala Neutropenia adalah demam dan luka terbuka (ulkus, borok) yang terasa nyeri di sekitar mulut dan anus.

Diagnosa Neutropenia

Diagnosa dapat dilakukan dengan cara menghitung jenis darah komplit pada penderita Neutropenia, kemudian mencari dan menemukan penyebab neutropenia itu sendiri. Cara lain untuk mendiagnosa Neutropenia adalah melakukan  aspirasi atau biopsi sumsum tulang.

Pengobatan herbal neutropenia

Pada dasarnya jenis pengobatan pengobatan pada penderita neutropenia tergantung kepada penyebab dan beratnya penyakit. Cara lain adalah berhenti menggunakan obat-obat yang dapat mengakibatkan Neutropenia. Jika terjadi infeksi, penderita harus dirawat di rumah sakit dan segera diberi antibiotik yang kuat, bahkan sebelum penyebab dan daerah yang terkena infeksi ditemukan. Demam (gejala yang biasanya menunjukkan adanya infeksi pada penderita neutropenia) merupakan pertanda penting yang memerlukan pertolongan medis segera.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Neutropenia
Pengobatan Herbal Neutropenia
Artikel "Pengobatan Herbal Neutropenia" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 28th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-neutropenia.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.