Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Otitis Media Sekretoris

Pengobatan Herbal Otitis Media Sekretoris

 

Pengertian otitis Media Sekretoris

Berdasarkan pengertianya dalam ilmu kesehatan, yang dimaksudkan dengan penyakit otitis media sekretoris adalah suatu keadaan dimana cairan terkumpul di dalam telinga, terutama pada bagian tengah telinga penderita.

Penyebab Otitis Media Sekretoris

Diketahui bahwa yang menjadi penyebab terjadinya penyakit otitis media sekretoris adalah dikarenakan penderita pernah mengidap penyakit otitis media akut yang belum sembuh total. Selain itu, masih ada penyebab lain seperti penyumbatan tuba eustakius atau jenis saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung bagian belakang dengan tenggorokan. Adapun Tuba eustakius ini berfungsi untuk mengalirkan kelebihan cairan yang secara normal dibuat di dalam telinga tengah, dan juga berfungsi untuk memelihara tekanan udara yang sama antara telinga tengah dan telinga luar sehingga gendang telinga bergerak dengan bebas dan fungsi pendengaran efektif. Sebagai penambahan, penyakit ini biasanya menyerang anak-anak karena mereka memiliki tuba eustakius yang lebih pendek, lebih sempit dan posisinya lebih mendatar.

Gejala  Otitis Media Sekretoris

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala yang timbul sebelum penderita mengalami otitis media sekretoris, yang gejala tersebut diantaranya adalah tidak pendengaran sudah terasa kurang normal, dan juga telinga penderita terasa penuh oleh cairan yang menyumbat didalamnya.

Diagnosa Otitis Media Sekretoris

Khusus untuk penyakit ini, diagnosis dilakukan melalui hasil pemeriksaan telinga dengan otoskop yang kemudian menjadi acuan selanjutnya untuk mendiagnosa penderita otitis media sekretoris. Sedangkan untuk mengukur tekanan di telinga luar dan telinga tengah dilakukan pemeriksaan timpanometri..

Pengobatan Herbal Otitis Media Sekretoris

Secara medis, awal proses pengobatan pada penderita otitis media sekretoris adalah dengan memberikan obat antibiotik. Sedangkan untuk mengurangi penyumbatan dan membantu membuka tuba eustakius, penderita harus diberikan obat lainnya seperti fenilefrin, efedrin dan antihistamin.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

 

Pengobatan Herbal Otitis Media Sekretoris
Pengobatan Herbal Otitis Media Sekretoris
Artikel "Pengobatan Herbal Otitis Media Sekretoris" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 31st December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-otitis-media-sekretoris.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.