Home Penyakit Uncategorized Pengobatan Herbal Pemfigus

Pengobatan Herbal Pemfigus

Pengertian Pemfigus

Pemfigus merupakan suatu penyakit autoimun. Yang dimaksudkan dengan pemfigus adalah penyakit kulit yang jarang terjadi, yang ditandai dengan adanya lepuhan-lepuhan (bula) dengan berbagai ukuran pada permukaan kulit dan selaput lendir (selaput mulut, vagina, penis dan selaput lendir lainnya). Pemfigus paling sering ditemukan pada usia pertengahan atau usia lanjut.

Gejala Pemfigus

Gejala utama dariĀ  pemfigus adalah lepuhan lembut berisi cairan dengan berbagai ukuran; pada beberapa bentuk pemfigus disertai dengan terbentuknya bercak-bercak bersisik. Cubitan ringan atau gesekan bisa dengan mudah menyebabkan terlepasnya permukaan kulit dari lapisan di bawahnya. Lepuhan sering muncul pertama kali di mulut lalu pecah dan membentuk luka terbuka yang menimbulkan nyeri. Kemudian akan muncul lepuhan dan luka lainnya sampai seluruh selaput mulut terkena. Hal yang sama juga terjadi pada kulit. Lepuhan pertama kali muncul pada kulit yang normal, lalu pecah dan meninggalkan luka keropeng yang kasar.

Diagnosa Pemfigus

Mendiagnosa penderita pemfigus harus ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

Pengobatan Herbal pemfigus

Pengobatan terhadap penyakit pemfigus tentu memiliki maksud dan tujuan. Tujuan pengobatan yang pertama adalah menghentikan pembentukan bula yang baru. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penekanan parsial terhadap sistem kekebalan dengan obat corticosteroid per-oral (melalui mulut), tetapi akibatnya tubuh menjadi lebih peka terhadap infeksi. Biasanya, pada tujuh sampai sepuluh hari pertama diberikan corticosteroid dosis tinggi lalu dosisnya diturunkan perlahan dan bertahap.

Sedangkan yang dinamakan pengobatan herbal adalah cara pengobatan untuk penyakit ini yang bisa ditemukan dalam berbagai tanaman obat yang telah diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai obat. Di zaman sekarang ini, bentuk obat herbal ini juga telah dibentuk menjadi ekstrak seperti serbuk, pil, atau cairan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa dalam proses pembuatanya, obat herbal ini juga telah terkena zat kimia dan bisa tidak alami lagi. Maka pemahaman yang baik tentang jenis obat herbal yang kita gunakan dan petunjuk medis serta efek samping yang dapat ditimbulkan juga sangat penting.

Pengobatan Herbal Pemfigus
Pengobatan Herbal Pemfigus
Artikel "Pengobatan Herbal Pemfigus" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 30th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/pengobatan-herbal-pemfigus.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.